Tips Menentukan Kapasitas Harddisk untuk Zimbra

Zimbra FlagMenentukan kapasitas harddisk untuk instalasi Zimbra Mail Server & Collaboration Suite sebenarnya mudah, namun memang perlu mempertimbangkan beberapa hal. Penentuan kapasitas disk yang kurang tepat dapat berimplikasi pada kualitas Zimbra Mail Server dan juga bisa menjadi masalah jika belum berapa lama operasional namun terpaksa turun mesin karena harus mengganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar.

Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam menentukan kapasitas harddisk :

  1. Tentukan jumlah account/user yang akan menggunakan, plus kemungkinan jumlah penambahannya
  2. Tentukan apakah klien mengakses Zimbra melalui email client (Zimbra Desktop, Thunderbird, Evolution atau Outlook) atau melalui Webmail. Pertimbangan ini penting karena akses melalui webmail akan menyebabkan semua data email disimpan di server sedangkan akses melalui mail client umumnya akan menyebabkan email ditarik ke klien, kecuali memilih opsi “leave message on server”
  3. Tentukan apakah opsi “leave message on server” dipilih atau tidak. Jika opsi ini dipilih, server harus disiapkan untuk menampung email backup yang disimpan di server
  4. Tentukan jumlah kapasitas inbox masing-masing user. Kita bisa menentukan setting kapasitas secara global melalui Zimbra Admin, misalnya tiap user diberi kapasitas 250 MB. Jika ada user tertentu menggunakan kapasitas yang berbeda (misalnya boss diberi kapasitas 1 GB), kita bisa mengubahnya melalui preferences masing-masing user
  5. Tentukan apakah server didedikasikan khusus untuk Zimbra atau difungsikan untuk keperluan lain. Jika digabung dengan file server misalnya, sebaiknya file server menggunakan partisi terpisah. Rekomendasi : Sebaiknya Zimbra Mail Server menggunakan server yang dikhususkan, dioptimasi dan didedikasikan untuknya. Jangan ada service lain yang dijalankan agar fungsinya berjalan optimal.
  6. Tentukan berapa lama suatu email dipertahankan. Email junk misalnya, secara default akan dihapus secara otomatis 1 bulan sekali.
  7. Tentukan batas besaran dan tipe attachment yang diperbolehkan. Jika tanpa batasan, hal ini bisa berbahaya karena semakin lama mailbox semakin besar yang akan berimplikasi pada performance dan daya tampung harddisk. Tipe attachment juga bisa menjadi salah satu pertimbangan, karena umumnya attachment bertipe AVI atau MP3 rata-rata berukuran cukup besar

Berikut adalah contoh simulasi penentuan kapasitas harddisk yang dibutuhkan :

Default setup : 200 MB dan 500 users

  • Sistem Operasi : 10 GB
  • Data USer : 500 users X 200 MB = 100 GB user data
  • Data MySQL : 5% of 100 GB (User Data): 5 GB
  • Binary Zimbra : 10 GB
  • Log Zimbra : 20 GB
  • Index Zimbra : 25% of 100GB (User Data) = 25 GB

SUBTOTAL: 10+100 + 5 + 10 + 20 + 25 = 170 GB

Pertimbangkan juga kapasitas backup jika backup dilakukan dikomputer yang sama (nantinya backup harus disimpan ditempat lain)

Jika menggunakan skenario diatas, saran saya jangan menggunakan kapasitas harddisk 250 GB meski masih mencukupi, karena akan bermasalah jika kita melakukan proses backup. Gunakan harddisk 500 GB jika menemui skenario diatas.

Silakan lakukan penyesuaian jika menggunakan skenario lain.

Posted by Masim "Vavai" Sugianto on Oct 8th, 2009 and is filed under Linux, Work, Zimbra. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

6 Responses to “Tips Menentukan Kapasitas Harddisk untuk Zimbra”

  1. dedyeuy October 8th, 2009, 12:52 pm

    thanks bos atas tutorialnya

  2. budi December 24th, 2010, 10:26 am

    Pak Vavai,

    apakah bisa diberikan referensi, jika kita menggunakan ubuntu server 8.04 bagaimana cara partisinya / alokasi besaran yang mesti dibuat ?

    misal :
    untuk “/” berapa ?
    untuk “root” berapa ?
    untuk “home” berapa ?
    dst ..

  3. Vavai December 24th, 2010, 10:27 am

    @Budi,
    Harddisknya berapa GB, untuk berapa user dan estimasi quota per user berapa?

  4. budi December 26th, 2010, 12:30 pm

    HDD-nya kemungkinan 160 GB, syukur dapat yang 250GB. Lagi nego sama bos nih Pak,
    Estimasi untuk 100 user dan per-user diberi quota berapa ya? yang ideal ?Misal per user 100mega masih cukup ga ya ?
    takut saya salah hitung.
    Kalau di zimbra ada cara untuk menghapus otomatis email2 yang sudah lama ga ya Pak ?

    tks atas responnya..

Trackbacks

  1. Tips agar Instalasi Zimbra Berjalan Mulus & Lancar | Migrasi Windows Linux
  2. Tips Improvement Mail Server : Contoh Kebutuhan Server (Server Sizing) | Bisnis Having Fun

Leave a Reply