Mari Berkebun Diatap Rumah Kita

tomat5

Sejak beberapa bulan yang lalu saya menyalurkan hobby saya yang sempat tertunda, yaitu berkebun. Letaknya ada di atap rumah, disamping ruang lab komputer mini berisi 10 komputer, tempat saya biasa memberikan training tentang Linux dan Zimbra Mail Server.

Dari sekian banyak tanaman yang saya coba, saya mengalami kesuksesan untuk tanaman tomat dan terong. Selain tomat dan terong sebenarnya saya menanam beberapa tanaman lainnya namun mengalami beberapa masalah. Tanaman cabe terserang kutu-kutu mungil yang membuat cabe saya layu, mentimun sering kali terkena masalah busuk pada batang dan oyong mengalami kendala jangkauan karena dia menjulur kemana-mana.

terong1

Saya masih bisa sukses menanam labu dan pare dan rasanya lumayan segar  jika melihat tanaman berbunga dan berbuah. Saya bisa menulis posting blog atau membaca buku ditengah-tengah rimbun tanaman, disore hari yang cerah dan sejuk. Sayangnya dari sekian banyak tanaman, buah pare rasanya tetap pahit meski sudah saya siram dengan air sirop, hehehe…

tomat3

Kadangkala, kebun diatas atap ini juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi Zeze Vavai karena dia bisa memperhatikan perkembangan buah tomat dari sebesar kerikil kecil hingga menjadi besar sebesar bola bekel sampai nantinya berukuran cukup besar seperti tomat umumnya.

Pernah juga kebun diatas atap ini menjadi kamar mandi dadakan, karena Zeze Vavai minta mandi diatas setelah bajunya basah semua saat menyiram tanaman dengan selang air.

tomat7

Saya membeli semua bibit dan benih tanaman dari toko Trubus di pelataran parkir Carrefour Bekasi Timur, samping DPRD kota Bekasi tempat mamanya Zeze Vavai bekerja. Sebagian benih (misalnya cabe) saya ambil sendiri dari biji cabe yang hendak saya jadikan bumbu masak :-P

tomat2

Untuk pembenihan, saya menggunakan kotak tempat CD/DVD yang cukup banyak saya miliki. Kalau tanamannya sudah cukup besar, saya memindahkannya ke pot yang lebih besar yang saya beli seharga Rp. 4.900,-/buah (ingat harganya karena istimewa) sedangkan kotak CD-nya bisa saya pergunakan untuk benih tanaman yang lain.

bibit

Karena sebentar lagi bulan puasa datang menjelang, saya menyiapkan benih-benih timun suri untuk ditanam, siapa tahu bisa memetik timun suri dari kebun sendiri sebagai menu berbuka.

Ada yang punya kebun dipekarangan atau atap rumah ?

Posted by vavai on Jul 16th, 2009 and is filed under Personal. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

9 Responses to “Mari Berkebun Diatap Rumah Kita”

  1. Deny Sri Supriyono July 28th, 2009, 12:57 pm

    asik banget tuh atapnya jadi hijau gitu, mas.
    lumayan mbantu ngurangin panas yang keserap sama bangunan rumah.

    paling enak nanem cabe kayanya, mas – terutama cabe rawit.
    gampang tumbuh, terus kalo berbuah banyak banget.
    mau masak mie, tinggal metik aja.

    saya nanem jambu, mangga sama beberapa taneman lain di pekarangan.
    lumayan buat adem-adem dan ijo-ijo buat mata sekalian buat refreshing kalo pas males kerja.

  2. beli rumah February 19th, 2010, 5:07 pm

    ide yang bagus tu mas berkebun di atas rumah…………
    klu hujan gmn tu tanamannya …………

  3. yusri bugeh August 5th, 2010, 1:22 am

    mantap tu bos tanaman dalam pot bisa menghilangkan stres ,sy banyak jg koleksi tabulampot di atas atap ruko lantai 3 kira2 ada 15 jenis tanaman buah.

  4. sasa September 20th, 2010, 10:44 pm

    Aku juga lagi nanem tomat di atap rumahku seneng banget soalnya ahirnya berbuah, aku juga beli bibitnya di trubus pasteur bandung.

    ternyata gak ada lahan bukan kendala mbak asal ada kemauan.

  5. rumah dijual April 25th, 2011, 2:53 pm

    ide bagus buat kebun di atap rumah jadi kan rumah bis sehat

  6. rumah dijual April 25th, 2011, 2:54 pm

    di rumah jadi ada area hijau bagus untuk kesehatan tu,,

  7. ida March 19th, 2012, 10:13 am

    Asyik banget buat hobby N buang stress …sekaligus bermanfaat….Saya juga punya kebun dimana mana, samping kamar, dek rumah tempat jemur menjemur, depan rumah sedikit…cuma sering kali terkendala sinar matahari yang ngak optimal…tapi yang penting rasa senang dan bahagia tiap kali tanaman tumbuh dan berkembang…

  8. Adin Riyanto September 9th, 2013, 11:07 pm

    saya juga punya kebun di loteng, sy tanami terong, cabe jawa, cabe keriting, jeruk purut & jeruk limo tapi blm sempet panen, asik jg sih berkebun…baru 1 bln ini sih…

  9. bara May 17th, 2014, 9:49 am

    Wah… pasti asik sekali, saya juga berkebun diatas dak rumah karena kebetulan daknya luas jadi bisa tanam tabulampot banyak ada jambu pir, jeruk, jambu kancing dll juga ada tanaman obat dan bumbu dapur. saya juga tanam tomat cuman hasilnya kurang bagus karena angin yg terlalu kencang diatas, kalau pare ,oyong, labu hasilnya luar biasa. Sekarang saya lagi nanam jagung ungu bibitnya beli online.. mudah2an berbuah ..hehe… salam kenal ya

Leave a Reply