Poster Caleg yang Kreatif

Tahun 2009 ini adalah tahun yang istimewa bagi para politikus karena ada hajatan nasional dalam bentuk Pemilu.

Salah satu perbedaan pemilu tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu adalah aturan mengenai suara terbanyak. Jika pemilu yang lalu-lalu para caleg rebutan di nomor jadi (nomor kecil) dan sangat menderita jika ditaruh dinomor sepatu (nomor besar), kali ini peluang masing-masing caleg relatif sama karena siapa yang mendapat suara terbanyak dialah yang menjadi juara dan meraih kursi anggota dewan.

Adanya aturan ini membuat para caleg menjadi kalang kabut. Tak jadi soal jika caleg itu sudah terkenal tapi kalau merasa dirinya tak dikenal bahkan dilingkungan RT sekalipun :-P , berbagai cara harus ditempuh agar orang mengenalnya.

Sebagian besar caleg membuat poster dengan foto dirinya, baik dalam pakaian standar, pakai jas, dasi maupun memakai baju yang mencerminkan ciri keagamaannya. Kadang jadi tampil semarak namun banyak juga yang membuat geli.

Beberapa pekan yang lalu saya sempat menemukan poster kampanye yang unik di daerah Pasar Proyek Bekasi, yaitu poster caleg DPRD Kota Bekasi dari PPP, yaitu Damin Sada.

Damin Sada terkenal sebagai salah satu kepala desa di wilayah yang dikenal sebagai daerah Gabus (terkenal sebagai daerah jawara di Bekasi) dan merupakan motor penggerak pembakaran patung lele dan buah kecapi yang menjadi simbol daerah Bekasi di daerah Bulan-Bulan medio tahun 2002. Beritanya dapat dibaca disini dan disini.

Tak lupa dengan ciri khasnya, poster iklan kampanye Damin Sada dilengkapi dengan golok. Poster kampanye sendiri dibuat secara khusus diatas mobil bak terbuka.

damin-itu-indah-cilik

Selain poster Damin Sada ini, saya juga mendapat poster kiriman via email mengenai caleg yang “kurang percaya diri” :-) (dengan segala hormat pada yang bersangkutan), berikut gambarnya :

caleg

Ada punya gambar atau foto kampanye caleg lainnya yang unik ? Share di komentar atau kirim ke email saya (vavai at vavai.com) ya…

Posted by vavai on Jan 30th, 2009 and is filed under Humor. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

12 Responses to “Poster Caleg yang Kreatif”

  1. geblek January 30th, 2009, 3:34 pm

    hehehe yang bawah itu sampe poto anaknya di bawa2 ;)
    kurang nude :))

  2. sufehmi January 31st, 2009, 12:54 pm

    hahahaha nyengir saya melihat poster2nya ini :D thanks mas!

    Kemarin di Padang saya juga melihat poster dengan berbagai pose & gaya. Sampai merinding, ada orang yang sudah tua tapi pose posternya bergaya ABG, hihihi

    Kemudian saya melihat sebuah poster, dan berpikir, “lho kok mukanya seperti anak mahasiswa baru lulus ya?”

    Ternyata memang ! :D

    Sepupu saya cerita bahwa pada beberapa keluarga politisi, mereka menyuruh anak-anak mereka yang baru lulus kuliah, untuk ikut pemilihan caleg tahun ini.

    Oalah ! :D

  3. m.said January 31st, 2009, 2:33 pm

    M.SAID. CALEG PMB DPR RI Says:

    18 November 2008 at 12:04 am.

    # MUHAMMAD SAID. S.Ag
    # CALEG DPR RI PARTAI MATAHARI BANGSA (PMB) DAPIL GRESIK – LAMONGAN
    # Sebelum semua terjadi, mari kita sama2 introspeksi akan kekurangan dan keterbatasan kita masing2. Jangan pernah merasa paling pinter apalagi merasa paling benar sendiri. Segala sesuatu butuh penyelesaian yang arif dan memberikan solusi jitu dan “kepuasan” bagi semua. kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita, karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT, memperjuangkan kepentingan RAKYAT dan benar2 bekerja
    menjalankan amanat RAKYAT, bukan untuk kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ???? zaman telah berubah. tantangan dan Issue global harus dapat kita jawab secara ilmiah. Mari kita bangkit !!!!!
    Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin
    yang “pinter” tapi minteri. Percayalah !!! masih ada jalan, jangan pernah menyerah sebelum bertarung dan jangan pernah skeptis banget dengan orang yang masih mau peduli dan punya niatan baik untuk berjuang ditengah2 morat-maritnya mental dan moralitas. Kalau semua ogah dan tidak peduli….justru ini akan menjadi kesempatan empuk bagi mereka yang memanfaatkan kesempatan.

  4. Kang Artha February 3rd, 2009, 12:59 pm

    wah kang….kreatip tenan yak…….numpang ngopi sedikit isi blog ini ya kang…..caleg caleg sekarang emang kreatif…..semoga aja kalo kepilih ingat rakyatnya ya kang…..^_^

  5. adodo February 6th, 2009, 9:11 am

    yah lumayan ‘kreatip’ lah mas daripada ngeliat poster2 di sepanjang jalan probolinggo-pasuruan-malang.. gak ada yg kreatip sama sekali…
    cuma pasang rai (wajah) sm janji2 gak jelas…
    sumpek ngeliat wajah jalan jadi rame gak karu2an kayak gini… fyuhh!

  6. tis February 7th, 2009, 10:36 am

    wekekekek….. ntu si bapa mau numpang beken ma anaknya ya…… heheheh… tp bener2 pasti bnyk yg lirik tuh tp maaf heheh yg d lirik pst cynthia nya tuh

  7. Diqer March 21st, 2009, 10:36 pm

    Walah aneh2 memang caleg sekarang ya, mana yang baru lulus kuliah udah di suruh jadi caleg, punya pengalaman apa memangnya? ahaha :)

    i UCIF (U Comment I Follow) :)

  8. anak bekasi May 12th, 2009, 1:13 pm

    hahaha
    bank damin keren tuuuh
    asli bkasi
    keren……..

    kretif poster2 nyaa……

    by: anak sman1tamara

  9. Film Camera Buff May 23rd, 2009, 9:31 pm

    Good stuff – As a novice snapper I often feel overwhelmed by the amount I still need to learn. Nevertheless, the more i read, the better off i am. Thanks for helping me move on a bit.

  10. musik.um.ac.id October 6th, 2009, 3:17 pm

    untung tetangga2nya juga gak ikutan nimbrung dalam foto itu…he..he

Trackbacks

  1. Poster Caleg yang Unik : Part 2 | Blog Vavai
  2. Poster Caleg yang Unik & Kreatif : Part 3 | Blog Vavai

Leave a Reply