About

Nama saya Masim Sugianto. Lahir dan besar di Tambun-Bekasi (disini aku ada, besar, nakal dan mimpi-mimpi… 🙂 ) 17 Mei 1976. Sewaktu SMP mengelola majalah dinding dengan cerpen pertama berjudul “Si Rivai”. Nama Rivai diambil dari nama pengarang buku bagus tentang kisah masa kecil di pedesaan, Mohammad Riva.

Saya menggunakan nama itu sebagai nama tokoh cerpen buatan saya sendiri semasa SMP, Muhammad Rivai. Saya lebih suka menggunakan nama Muhammad instead of Mohamad, Muhammad dengan double M pada bagian tengah karena berasal dari nama Nabi Muhammad SAW. Untuk Rivai ditulis menggunakan V, bukan F karena V melambangkan kestabilan (meski saya teteup bisa melafalkan huruf F dengan baik, “Siapa bilang orang Sunda tidak bisa menggunakan huruf F, itu Pitnah” 😛

Ciri-ciri dan pola kehidupan Muhammad Rivai dalam cerpen diambil dari keseharian saya, sehingga lama-lama sering saya gunakan sebagai nama samaran jika kenalan, utamanya dengan cewek-cewek semasa SMP, SMA dan sewaktu kuliah 😀 . Nama samaran secara lengkap adalah Muhammad Rivai Andargini, Andar berasal dari nama “Anderson”, dari Richard Dean Anderson si Mac Gyver, serial TV yang sangat populer semasa TV swasta pertama, RCTI muncul di Indonesia.

Nama Muhammad Rivai terbawa sampai saya kemudian menikah dan punya anak. Saat anak pertama saya di USG, dokter mengatakan bahwa jenis kelamin anak saya adalah perempuan, jadi saya dan isteri menyiapkan nama perempuan : “Riska Aura Rasya” sebagai nama si bayi. Ternyata saat lahir jenis kelaminnya laki-laki sehingga isteri bingung karena tidak menyiapkan nama untuk putra. Saat bertanya kepada saya, namanya nanti siapa, sambil tertawa saya bilang, “Muhammad Rivai” 🙂

Isteri setuju dengan nama Muhammad Rivai tapi untuk Andargini diganti menjadi Alifianto yang berarti anak pertama (Alif). Karena ada tetangga yang namanya pak Rifa’i yang tindak-tanduknya sering jadi pembicaraan negatif, isteri dan keluarga tidak ingin ia dipanggil jadi nama “Rifa’i” sehingga saya menggunakan nama panggilan khas, “Vavai”, nama panggilan yang sama yang saya gunakan sebagai nama panggilan samaran sejak SMP. Nama Vavai ini juga yang digunakan sebagai call sign dan nick name saya, termasuk nama untuk domain (vavai.com, vavai.net, vavai.info, vavai.biz).

Jadi saat ini ada 2 nama mirip dikeluarga kecil kami, yaitu Muhammad Rivai Andargini dengan panggilan Vavai untuk saya dan Muhammad Rivai Alifianto dengan nama panggilan Zeze Vavai (waktu masih bayi dipanggil dede bayi atau dede Vavai). Kadang ada yang mencari saya, “Bu, Vavai-nya ada ?”, sama keluarga saya bisa jadi akan ditunjuk ke Zeze Vavai yang sedang bermain 🙂

Blog ini didedikasikan untuk artikel-artikel mengenai open source, dengan titik berat pada artikel dan tips mengenai migrasi sistem dari Windows ke Linux. Sebagian besar isinya merupakan tulisan yang didasarkan pada pengalaman, terutama untuk tulisan yang bersifat tutorial dan tips.

Saya menggunakan distro openSUSE  sehingga akan ada cukup banyak artikel berbasis openSUSE, namun saya juga akan berusaha sedapat mungkin untuk menulis artikel distro lain secara proporsional.

Saya beraktivitas pada Komunitas openSUSE Indonesia dan menjadi ketua Komunitas pada periode 2007-2008. Untuk periode selanjutnya saya membantu ketua baru sebagai penasihat.

Mau tahu lebih banyak tentang aktivitas di dunia open source ? Silakan baca interviewnya 😀

Rekanan Blog :-)

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*