Financial Literacy

Beberapa waktu belakangan ini, saya sering memberikan share pengalaman singkat terkait aspek finansial team Excellent. Bagi saya pribadi, sebenarnya topik ini agak sensitif, karena urusannya terkait dengan uang 🙂 . Tidak semua orang merasa nyaman berbicara soal uang atau pengelolaanya.  Soal gaji dan peningkatan pendapatan adalah satu hal, dalam arti aspek ini pasti menjadi concern utama disisi saya, namun mekanisme pemanfaatan gaji yang diterima, mungkin bisa juga didiskusikan.

Saya memandang perlu untuk menyinggung topik keuangan dengan maksud agar team Excellent tidak mengikuti jejak saya yang awam dalam hal keuangan dan baru menyempatkan diri belajar soal manajemen keuangan beberapa waktu belakangan.  Saya pribadi pernah (dan kayaknya masih 😀 ) mengalami fase dimana, seberapa besarpun gaji yang diterima, selalu akan terasa kurang jika pengelolaannya tidak rapi.

Saat briefing dan menyinggung masalah ini, saya sempat ungkapkan alasan utama mengapa saya perlu membicarakannya. Saya bilang, “Bicara soal pemanfaatan uang atau pendapatan bukan konteks pekerjaan kita, namun saya percaya satu hal : jika kalian mengalami masalah keuangan, sudah pasti efeknya adalah ke kinerja kalian dan akan otomatis berimbas pada kinerja dan kualitas layanan Excellent”

fianncial-literacy

Saya sempat singgung beberapa aspek, misalnya soal rekening bank, tabungan rutin bulanan, tujuan keuangan hingga mekanisme investasi yang dilakukan. Saya berusaha tidak mendorong team mengenai jalan apa yang hendak dilalui, apa yang saya sampaikan hanya memberikan gambaran mengenai apa yang sudah saya lakukan dan hasilnya. Mulai dari biaya pernikahan (selain saya dan Qchen, team saya yang lain bujangan semua), membeli rumah, biaya kelahiran atau pendidikan anak, pembelian kendaraan hingga tabungan investasi.

Tentu saja tidak semuanya saya bahas dalam satu kesempatan. Kadang saya bahas saat makan siang bersama di hari Jumat atau saat briefing singkat dipagi hari. Jika memungkinkan dan jika diperlukan, saya berencana mengundang perencana keuangan atau rekan-rekan yang lebih capable untuk datang ke Excellent memberikan pencerahan dan wawasan keuangan.

Dengan pemahaman memadai mengenai pengelolaan aspek finansial, paling tidak ada benefit yang bisa dipetik oleh team Excellent, yaitu diluar budget yang ketat, tidak ada salahnya memikirkan dan merancang masa depan agar dapat menjalani hidup dengan kualitas yang lebih baik.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*