Pulang Lebih Awal di Hari Jum’at

Hari ini briefing mingguan di Excellent. Review pekerjaan selama 1 minggu berikut perencanaan untuk kegiatan Excellent dipekan dan bulan depan.

Sesuai kebiasaan, setiap hari Jumat secara default tidak ada schedule kunjungan keluar markas Excellent. Semua team berkumpul di Excellent dan mengenakan standard seragam-t-shirt Excellent-agar mindset team lebih santai. Saya punya pengalaman jika bekerja mengenakan kaus bawaannya lebih santai dan bebas 😀

Semalam saya membaca ulang buku “Remote”, “Rework” Jason Fried & David Heinemeier Hansson, co-founder Basecamp. Saya teringat filosofi mereka soal kerja keras dan kerja cerdas, terutama soal workaholic :

“Workaholics aren’t heroes. They don’t save the day, they just use it up. The real hero is home because she figured out a faster way”
― Jason Fried, Rework

“Workaholics don’t actually accomplish more than nonworkaholics. They may claim to be perfectionists, but that just mean they’re wasting time fixating on inconsequential details instead of moving on to the next task.”
― David Heinemeier Hansson, Rework

Saya teringat situasi di Excellent. Masuk jam 8 pulang jam 5. Karena kebanyakan team masih berusia muda, kadang mereka juga begadang di markas Excellent. Saya juga kerap bergabung, karena begadang ngoprek dan kumpul merupakan kegiatan yang saya senangi.

hidup-kita-milik-kita

Diluar konteks hobby, saya pikir ada bagusnya juga jika team Excellent punya waktu yang lebih untuk bersosialisasi, dalam arti ada waktu untuk kegiatan lain diluar kerja. Jika masuk jam 8 pulang jam 5, setiap hari sejak Senin s/d Jumat, bisa-bisa mereka menjadi robot yang berangkat pagi pulang sore. Sesuatu yang saya harapkan bisa saya hindari saat saya resign dari kantor akhir tahun 2010.

Mengacu pada hal diatas, saya memutuskan mulai minggu ini, saya mengurangi jam kerja selama 30 menit. Untuk tahap awal diberlakukan setiap hari Jum’at.

Jadi setiap hari Jum’at team Excellent bisa pulang lebih awal, jam 16.30 WIB. Mengapa tidak langsung diberlakukan secara menyeluruh menjadi setiap hari? Karena saya perlu mereview terkait supporting Excellent terhadap kebutuhan klien.

Meski “hanya” 30 menit, saya harapkan ada benefit yang bisa diambil, minimal team Excellent bisa pulang lebih awal dan bisa menikmati matahari terbenam, bukan pulang saat matahari sudah terbenam 😀

Target nantinya, ada harapan supaya pulang lebih awal ini tidak hanya berlaku di hari Jum’at melainkan juga di setiap harinya. Jika perlu pulangnya bukan lagi jam 16.30 melainkan jam 16.00 WIB. Untuk sementara saya belum menyentuh jam masuk kerja karena kebetulan klien-klien yang ditangani saat ini sudah aktif jam 8 pagi.

Saya sampaikan pada team bahwa karena Excellent masih cumil dan mungil, perubahan-perubahan seperti ini sangat mungkin dilakukan. Tujuannya tetap selaras dengan niat awal, yaitu agar team bisa bekerja dengan rasa senang di Excellent. Bekerja cerdas, meski dengan jam kerja lebih sedikit namun dengan harapan pendapatan akan semakin besar dan performa Excellent tetap terjaga.

Pin It

2 thoughts on “Pulang Lebih Awal di Hari Jum’at

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*