Posisi Anak dan Orang Dewasa Saat Berjalan di Jalan Raya

Kadang saya bingung kadang gemes juga kalau lihat ibu-ibu (atau bapak-bapak) yang menggandeng anak namun anaknya ada disisi lalu lintas jalan. Entah nggak sadar entah nggak tahu entah sengaja menjadikan anaknya sebagai bemper kendaraan…

Saya sering bilang, tanggung jawab kita sebagai orang dewasa maupun orang tua adalah responsif terhadap berbagai kemungkinan. Meski kita tidak tahu kemungkinan bahaya datang dari sisi mana, minimal jika kita ada disisi yang rentan bahaya, kita bisa lebih siap mengantisipasinya.

vavai-vivian-mama

Berikut tambahan info posisi orang dewasa dan anak-anak saat berjalan, saya ambil dari http://www.kompasiana.com/…/posisi-yang-tepat-saat-bergande…(ternyata bukan hanya saya yang gemes 😀 )

  1. Perhatikan arah datangnya kendaraan. Dengan memperhatikan arah datangnya kendaraan, kita bisa memposisikan diri dan anak untuk berjalan di sisi yang benar.
  2. Logika, orang dewasa yang melindungi anak-anak, bukan sebaliknya. Jika harus menyeberang di jalanan dua arah, bergantilah posisi saat berada di tengah-tengah perpindahan jalurnya. Ingat tips sebelumnya, orang dewasa selalu berada di posisi datangnya kendaraan.
  3. Jika berjalan di jalanan satu arah, gunakan trotoar dan anak harus berada di sisi sebelah kiri. Orang yang lebih tua harus berjalan sisi kanan yang berdampingan dengan jalanan.
  4. Pegang tangan anak seperti menggenggam berlian. Jangan biarkan genggaman anak terlepas saat berada di jalan.
  5. Sejajar. Kendalikan gerak badan anak agar tak berjalan mendahului atau bahkan tertinggal di belakang. Berjalanlah berdampingan. Sejajar.

Pahami bahwa menggandeng buah hati di sebelah bagian yang berlawanan dari arah datangnya kendaraan membuat tubuh orang yang lebih tua lebih mudah merespon jika sampai terjadi satu hal yang tak diinginkan.

Melindungi tubuh si kecil dengan badan kita membuat si bocah berada di posisi yang aman jika sampai terjadi laka. Di samping itu juga mengingat bahwa laju kendara di jalanan negri Indonesia yang menganut lajur sebelah kiri membuat alasan yang sangat masuk akal jika membimbing anak untuk berjalan di sebelah kiri orang dewasa, bukan sebaliknya.

Pin It

One thought on “Posisi Anak dan Orang Dewasa Saat Berjalan di Jalan Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*