Balada Perbaikan Mail Server 2 : Persiapan Pekerjaan

Tanggal 30 Maret 2015 (berselang hampir 2 minggu dari tindakan pertama P3K mail server), saya menerima request dari pihak klien untuk visit penambahan storage. Sebenarnya ini bukan salah di klien juga sih kalau jadi lama. Pas kebetulan pekan-pekan tersebut saya dan team Excellent kelayapan kemana-mana, termasuk acara brainstorming luar kota dan kemping bersama team Excellent di Dusun Bambu, Lembang, Bandung.

mailPihak klien bertanya : “Apakah untuk proses ini akan ada down time?”
Saya bilang : Ya.

“Apakah lama?”
Saya jawab : “Ya, bisa lama, karena mesti menambahkan harddisk dan ada kemungkinan memindahkan data”.

Jika demikian, kata klien, “Sebaiknya hari Sabtu saja pak, 4 April 2015. Jadi nggak apa-apa down agak lama karena relatif nggak terlalu banyak kegiatan”.

Saya check di schedule team Excellent, Sabtu-Minggu ada kegiatan training Zimbra Mail Server Fundamental-Medium. Sementara hari Senin-Rabu-nya ada training Mastering Zimbra Mail Server. Saya tanya pada beberapa senior staff Excellent, apakah training bisa ditangani sementara saya menangani urusan ini, jawabannya OK. Jadi saya konfirmasi balik ke klien bahwa : “OK pak, kami bisa visit untuk penanganan masalah storage mail server pada hari Sabtu, 4 April 2015, pukul 11.00 WIB”

Mengapa pukul 11? Mengapa tidak pagi saja? Karena meski sudah saya delegasikan ke team yang biasa menangani kegiatan training di Excellent, saya merasa perlu melakukan pengecekan akhir agar kegiatan training tidak mengecewakan para peserta, apalagi pesertanya ada sekitar 6-7 peserta.

Sebagai persiapan, saya juga menanyakan spesifikasi server pada pihak klien, dan berikut adalah detailnya : Server Dell R710 RAM 8 GB, 3 Harddisk SATA 500 GB 7200 RPM, 4 network card gigabit, sistem operasi Ubuntu 10.04 64 bit.

2 harddisk diset RAID 1 dan mendapatkan kapasitas total sekitar 500 GB, sudah terisi data diatas 99%, hanya tersisa 3 GB, semuanya berupa data mailbox, LDAP dan database, jadi tidak ada kemungkinan menghapus log atau file tidak terpakai karena file yang tidak terpakai sudah saya bereskan pada tindakan pertama beberapa waktu sebelumnya.

1 harddisk berikutnya ada di slot 3, sebesar 500 GB (atau 1 TB, saya lupa 😀 ) namun kata pihak klien, harddisk ini tidak terdeteksi. Pihak klien sudah menyiapkan 6 harddisk SAS 15K RPM masing-masing 600 GB.

Lokasi server klien ada di co location server di Gedung Tifa Kuningan Barat. Saya minta pada pihak klien untuk menyiapkan surat izin masuk gedung, termasuk informasi jumlah dan nama team Excellent, karena biasanya masuk ke gedung data center perlu aspek administrasi, apalagi jika masuknya dihari libur (Sabtu-Minggu).

Hari Kamis, 2 April 2015, saya kelayapan ke Jakarta  untuk diskusi masalah start up, LTSP dan lain-lain. Pulangnya saya merasa kurang fit dan hari Jum’at akhirnya saya istirahat di rumah secara full. Saya sempat bimbang apakah saya perlu mengundurkan schedule atau meminta salah satu team menggantikan saya. Namun atas pertimbangan kemungkinan tingkat kesulitan yang ada, akhirnya saya memutuskan untuk tetap datang, langsung saya sendiri bersama salah satu staff dan tidur cepat di Jum’at malam dengan harapan Sabtu pagi 4 April 2015 saya sudah siap.

Sebelum tidur, saya mengirimkan email ke team mengenai persiapan yang perlu dibawa, baik DVD eksternal, file ISO, CD dan DVD Blank, USB maupun skenario yang akan dilakukan. Setelah itu saya memerintahkan diri saya untuk tidur cepat sekitar pukul 8 malam 😉

Berlanjut ke cerita berikutnya… 😉

Pin It

One thought on “Balada Perbaikan Mail Server 2 : Persiapan Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*