Balada Perbaikan Mail Server 1 : Kisah Akhir Pekan

mailBeberapa waktu yang lalu (tepatnya sih 20 Maret 2015 lalu), saya dihubungi oleh salah seorang IT Admin perusahaan. Perusahaan tempatnya bekerja merupakan anak perusahaan, gabungan dari 2 BUMN besar. Masalahnya sederhana, mail servernya dalam status kritis (sudah down malah :-D) karena kapasitas harddisknya kepenuhan. Ia meminta layanan Excellent, apakah bisa support untuk tindakan segera by remote dan kemudian tindakan pasca dalam bentuk penambahan kapasitas.

Jika bisa, biayanya berapa, estimasi berapa lama pekerjaannya dan bagaimana solusinya.

Saat ada inquiry tersebut, posisi saya sedang di kantor klien di Bandung, jadi saya minta team saya membuatkan draft penawaran agar bisa saya review. Setelah OK, baru dikirimkan.

Dalam perjalanan pulang di taksi kemudian di bus Primajasa, saya menerima kabar pembayaran DP 50% untuk pekerjaan, kemudian minta agar saya bisa eskalasikan dulu, minimal sistem bisa berjalan.

Saya remote akses menggunakan akses GSM, lambat sekali. Meski lambat, saya bisa mengecek bahwa 99% data memang dipakai untuk mailbox dan database. Hanya sedikit data yang dipakai untuk log atau yang lainnya.

disk storageIni berarti bahwa tidak ada pilihan lain selain memindahkan atau menambah storage. Pihak klien bilang bahwa ia sudah menambahkan harddisk namun tidak terdeteksi, jadi untuk sementara sistem tolong diup-kan, tahap berikutnya baru eskalasi permanen dalam bentuk penambahan storage.

Akhirnya sebagai tindakan preventif, saya izin untuk membackup data lognya ke server di markas Excellent DJ (koneksinya cukup cepat diakses dari posisi server klien di Gedung Tifa Kuningan Barat Jakarta). Setelah saya backup, beberapa log yang sudah lama saya hapus sehingga didapatkan ruang harddisk yang cukup untuk menghidupkan services mail server.

Setelah saya hidupkan servicesnya, saya informasikan kepada pihak klien untuk segera membackup atau menghapus isi mailbox beberapa account agar free space bisa bertambah, sebelum nantinya ada proses pemindahan atau penambahan storage.

Kisah penambahan storage (it would be a long story 😉 ) akan saya sampaikan distatus berikutnya. Kalau diceritakan mungkin jadi cerpen atau cerber. Kelihatannya ada manfaatnya karena kisahnya ini mencakup sebagian besar layanan Excellent, memerlukan kemampuan programming saya (meski kemampuan programming saya masih dalam tahap cemen :-P) dan ada banyak faktor terkait domain, hosting, DNS, website dan hal teknis terkait mail server 😀

Tunggu saja kelanjutan ceritanya ya, kali aza ada yang mau denger-in 😛

Pin It

2 thoughts on “Balada Perbaikan Mail Server 1 : Kisah Akhir Pekan

  1. Pingback: Balada Perbaikan Mail Server 2 : Persiapan Pekerjaan | Bisnis Having Fun

  2. Pingback: Balada Perbaikan Mail Server 2 : Persiapan Pekerjaan - Popular Trending | trends.my.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*