Update Firmware pada Server HP/Compaq Proliant-Bagian 1

Salah satu masalah utama pada 2 unit server HP Proliant ML 370 G5 yang tiba di markas Excellent beberapa waktu yang lalu adalah lambatnya akses write pada harddisk yang menggunakan RAID Controller P400. Masya kecepatan write hanya 4 MB/s??

Saya sudah coba menggunakan beberapa kombinasi baik RAID 1+0, RAID 5, RAID 1 bahkan RAID 0, hasilnya tetap poor performance. Saat mengeceknya menggunakan HP Smart Start maupun HP ACUCLI, diketahui bahwa kombinasi cache ratio = 100% read, 0% write, pantas saja kemampuan write-nya ngeselin :-P.

Saat saya coba aktifkan pilihan nobatterywritecache dan mengubah pilihan cache ratio via hpacucli dengan perintah :

controller slot=1 modify nobatterywritecache=enable
ctrl slot=1 modify cacheratio=25/75

Pesan errornya adalah bahwa perintah kedua tidak bisa diterapkan. Baca-baca literatur lebih detail, untuk meningkatkan kecepatan write, rekomendasinya adalah menambahkan BBWC alias Battery Backup Write Cache, yang sialnya tidak include didalam server yang saya beli ini.

logo

Saya sudah hendak menyerah dan berniat membeli BBWC di Ebay atau Amazon namun sempat terpikir, kenapa tidak mencoba update firmware, siapa tahu bisa jadi clue untuk perbaikan performa. Akhirnya saya coba download HP Service Pack for Proliant (SSP). Saat tulisan ini saya buat dan saat saya lagi oprek server tersebut, versi SSP terbaru adalah 2014.09.0, yang sialnya, sudah tidak lagi support HP server Proliant G5. Saya coba cari di archive SSP, versi terakhir yang support Server Proliant G5 adalah SSP versi 2014.06.0. Okelah, saya akan coba download file iso ini yang berukuran sekitar 3.5 GB.

Masalah berikutnya muncul. Untuk download SSP, HP meminta syarat adanya garansi/support yang masih berlaku. Lha ini server lama, sudah tidak ada garansi support lagi. Akhirnya saya coba cari di Google dan mendapatkannya. Untuk mendapatkannyapun mesti berjuang, saya mesti mendownloadnya via server cloud Excellent yang ada di Singapore karena download langsung dari markas Excellent lambat sekali.

hp-ml-370-g5

SSP sudah didapatkan, saat dijalankan ternyata tidak berjalan secara normal, dalam arti tidak mau melakukan update firmware. Saya sempat membaca dari beberapa referensi, ternyata saya mesti melakukan update dulu menggunakan file ISO lainnya, nama file iso-nya : firmware-10.10-0.iso. File ini saya dapatkan dari browsing di Google dan saya download via server cloud Excellent yang ada di Singapore kemudian baru saya download via server Jakarta dan Bekasi.

Setelah kedua file ISO tersebut saya dapatkan, saya burning ke DVD dan saya siap melakukan update firmware. Perjalanan yang panjang hanya untuk update firmware, tapi saya no retreat no surrender ;-). Seperti moto openSUSE : Have a lot of fun 😀

Tulisan ini akan berlanjut ke bagian kedua, karena saya butuh mengumpulkan screenshot 🙂

Bagian kedua tulisan ini bisa dibaca disini : Update Firmware pada Server HP/Compaq Proliant-Bagian 2

Pin It

One thought on “Update Firmware pada Server HP/Compaq Proliant-Bagian 1

  1. Pingback: Update Firmware pada Server HP/Compaq Proliant-Bagian 2 | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*