Mengecek Kondisi Bandwidth dan Kualitas Network dengan Iperf

Iperf adalah alat untuk mengukur bandwidth dan kualitas link jaringan, tersedia pada sistem Linux, berukuran kecil dan dapat diinstall dengan mudah. Pada openSUSE atau SLES, perintahnya adalah :

zypper in iperf

Pada distro Debian atau Ubuntu perintah zypper in bisa diganti menjadi apt-get install menjadi :

apt-get install iperf

Sedangkan pada distro Red Hat, CentOS, Fedora dan turunan Red Hat lainnya, iperf bisa diinstall dengan perintah yum :

yum install  iperf

contoh-koneksi-network

 

Jika saya ingin mengecek kualitas koneksi dan bandwidth antara 2 buah komputer, misalnya antara server IP 192.168.2.22 dengan klien IP 192.168.2.21, maka saya melakukan instalasi dikedua komputer dan  menjalankan perintah berikut melalui terminal/konsole di server :

iperf -s

Kemudian disisi klien menjalankan perintah untuk koneksi :

iperf -c 192.168.2.22

Setelah itu, coba test melakukan penyalinan data antara server dengan klien, misalnya data sebesar 1-2 GB, maka iperf window akan menampilkan rata-rata bandwidth diantara kedua komputer seperti screenshot berikut ini :

vavai-iperf1

vavai-iperf2

Kedua screenshot diatas menampilkan koneksi diantara 2 buah server virtualization berbasis Proxmox yang masing-masing memiliki 2 buah network card. Network card pertama digunakan untuk manajemen sedangkan network card kedua terhubung dengan switch gigabit untuk keperluan storage.

Selain digunakan untuk hal sederhana seperti diatas, Iperf juga memiliki beberapa parameter yang bermanfaat untuk digunakan, salah satu contohnya ada pada panduan di artikel ini : iperf: a simple but powerful tool for troubleshooting networks. Iperf juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi jperf berbasis Java untuk menampilkan kondisi bandwidth secara visual.

Pin It

One thought on “Mengecek Kondisi Bandwidth dan Kualitas Network dengan Iperf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*