Debian 7 Wheezy, HP Proliant ML 370 G5 & Broadcom NetXtreme II/bnx2 driver

Akhir pekan ini saya stand by di markas Excellent, selain untuk memulihkan kesehatan karena “my body is not delicious” :-), saya juga ingin test install Proxmox VE diatas HP Proliant ML 370 G5 (jangan bosan mendengarnya, karena kebetulan saya cuma punya server ini, hehehe…).

Instalasi Proxmox yang saya ingin coba adalah instalasi via Debian 7 Wheezy. Instalasi Proxmox 3.3 via Proxmox Installer berjalan dengan normal, sukses mengenali network card maupun RAID Controller, namun instalasi menggunakan Debian baik via netinstall ISO maupun via DVD gagal karena tidak mengenali driver Broadcom.

Saya sempat heran, saat dulu masih Debian 6 “Squezee”, saya juga sempat gagal install karena hal yang sama. Saya pikir kebangetan banget sih si Debian, nggak ada update driver di versi berikutnya. Ternyata driver Broadcom itu tidak dikenali bukan karena Debian nggak update melainkan karena by design memang sengaja tidak dimasukkan oleh Debian karena bukan aplikasi free. Tidak disertakan pada CD maupun DVD karena tidak secara default fit dengan lisensi open source yang digunakan oleh Debian.

Debian-logo

Meski demikian, kita bisa tetap melakukan instalasi driver tersebut. Dari semua cara, yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Unetbootin dan menggunakan USB sebagai Debian Live Installer. Cara ini bisa diterapkan baik untuk Debian NetInstall ISO maupun Debian CD/DVD Installer.

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan file ISO Netinstall, CD atau DVD Debian 7
  2. Siapkan USB flash disk, sesuaikan kapasitasnya dengan ukuran file ISO yang digunakan
  3. Download file driver Broadcom network card untuk Debian 7http://packages.debian.org/wheezy/all/firmware-bnx2/download
  4. http://packages.debian.org/wheezy/all/firmware-bnx2x/download
  5. Download aplikasi Unetbootin disini : http://unetbootin.sourceforge.net/. Unetbootin tersedia baik untuk Windows, Linux maupun Mac
  6. Jadikan USB flashdisk sebagai USB live installer menggunakan Unetbootin :vavai-debian-unetbootin
  7. Setelah selesai, masukkan file driver (.deb) yang sudah didownload ke dalam folder firmware dari USB. Tidak usah diekstrak karena installer Debian bisa secara otomatis mendeteksinya
  8. Install server dengan menggunakan USB live installer, semestinya tidak ada komplain mengenai driver network card Broadcom dan installer berjalan dengan normal hingga selesai.

Jika menggunakan CD/DVD installer, prosesnya agak sedikit lebih rumit, karena file driver harus dimasukkan kedalam file iso sebelum diburning. Untuk melakukannya bisa menggunakan beberapa tools modifikasi ISO yang tersedia.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*