Konfigurasi Waktu Deferred Email/Queue Life Time pada Zimbra 8.51

Zimbra 8.5 merupakan update “setengah” major dari aplikasi Zimbra Collaboration Suite. Saya menyebutnya update setengah major karena dari sisi versi merupakan bagian dari update minor Zimbra versi 8.x.x namun perubahan yang terjadi cukup frontal karena disiapkan sebagai intermediate update sebelum rilis Zimbra versi 9.

Salah satu yang berubah frontal adalah setting/modifikasi terhadap konfigurasi Postfix sebagai engine mail server Zimbra. Sebagian besar perintah yang awalnya bisa menggunakan postconf nama parameter atau menggunakan perintah postconf postfix_nama_parameter berubah menjadi prefix Zimbra.

Salah satu masalah yang terjadi adalah saat saya hendak mengurangi waktu queue.

Secara default, parameter queue lifetime pada sistem Zimbra mail server adalah 5 hari. Ini berarti jika ada email yang gagal terkirim (misalnya over quota, salah tulis alamat email, masalah disisi tujuan), email akan tetap dipertahankan oleh Zimbra didalam queue selama  5 hari. Jika selama 5 hari masih gagal dikirim, email akan dikembalikan ke pengirim dengan pesan “Mailer Daemon”

Feature ini bermanfaat jika masalah ada disisi server tujuan, agar jangan sampai email langsung bounce jika server tujuan mengalami gangguan sesaat. Lebih bijak jika server berusaha mengirimkannya beberapa kali sebelum akhirnya menyatakan menyerah :-)

logo-zimbra

Meski demikian, pemberitahuan gagal kirim yang terjadi setelah 5 hari berselang dianggap terlalu lambat oleh sebagian SysAdmin. Jika merasakan hal yang sama, kita bisa mengubah parameter queue life time pada Zimbra agar proses mailer daemon bisa lebih cepat meresponnya.

Contoh, default postfix untuk perintah Queue Life Time adalah :

postconf bounce_queue_lifetime

Panduan settingnya bisa dibaca disini : Tips Zimbra : Konfigurasi Waktu Deferred Email (Queue Life Time/Mailer Daemon)

Sedangkan pada Zimbra 8.x (sebelum Zimbra 8.5), perintah untuk menggantinya adalah dengan perintah :

zmlocalconfig -e bounce_queue_lifetime

yang akan mengubah parameterpostfix_bounce_queue_lifetime.

Pada Zimbra 8.5, hal diatas berubah lagi karena konfigurasi Postfix sekarang dimasukkan ke  LDAP. Untuk mengurangi waktu bounce time sehingga email yang gagal kirim bisa langsung mailer daemon undelivered ke pihak pengirim-misalnya usia antrian maksimal 1 jam dan jika belum terkirim akan muncul pesan undelivered, perintahnya adalah sebagai berikut :


zmprov ms mail.excellent.co.id zimbraMtaBounceQueueLifetime 1h

Sedangkan untuk mengecek isi konfigurasi apakah sudah benar atau belum, bisa menggunakan perintah zmprov gs :


zmprov gs mail.excellent.co.id zimbraMtaBounceQueueLifetime

Jika ada yang curious mengapa sih ada perubahan-perubahan perintah yang bisa jadi membingungkan Admin yang menggunakan versi sebelumnya, kemungkinan besar hal ini karena Zimbra mengkonsolidasikan setting agar lebih mudah dikonfigurasi. Semua konfigurasi dipusatkan di LDAP dan bisa tetap ada meski ada proses upgrade.

Data lengkap mengenai parameter Postfix yang disesuaikan dengan konfigurasi Zimbra bisa dibaca disini : http://wiki.zimbra.com/wiki/Postconf_keys

Pin It

5 thoughts on “Konfigurasi Waktu Deferred Email/Queue Life Time pada Zimbra 8.51

  1. Hello Bro Vavai,

    Nanya donk, saya lagi coba configure zimbra 8.5.1, inbound email seh masuk, tapi outbound email (ke gmail, yahoo, dll) kenapa ga mau yah? lognya bilang connection refused terus dari sisi gmail, yahoo, etc nya.

  2. Hello Om vavai,

    Mau nanya dong. Kalo di log kita banyak banget log aneh dan di mail queque banyak banget antrian itu kenapa ya ? sehingga kalo saya test kirim email selalu delay.

  3. Pak Vavai,

    Sebelumnya saya minta maaf jika pertanyaan saya diluar title,
    mengenai bounce email jika destinasi host/domain not found,
    mengapa di log ada kalau email tidak terkirim dikarenakan host/domain not found
    tapi tidak mengirimkan ke sender untuk notif bounce mailnya ?

    untuk bounce mail overquota disender terima namun hanya itu saja yang ga diterima.

    sekalii saya mohon maaf dan saya sangat senang sekali jika ada pencerahannya karena saya sdh coba cari keterangan/command utk configurasi itu digoogle namun tidak dpt
    hasil yang memuaskan.

    OS : Centos 6 86_64
    ZM : 8 ZCS

    Tks & salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*