OwnCloud Appliance : Membangun Sendiri Dropbox/Google Drive

Salah satu aplikasi cloud yang banyak dipakai untuk menyimpan file adalah aplikasi sejenis Dropbox, Google Drive, iCloud  dan OneDrive. Kesemua layanan tersebut memberikan kapasitas penyimpanan data antara 2 hingga 50 GB secara gratis.

Lantas, apakah hanya gratis yang menjadi pemicu populernya layanan-layanan tersebut?  Tentu saja lebih dari itu. Dropbox dan aplikasi sejenisnya menarik karena memudahkan kita menyimpan data secara seamless, dalam arti bahwa proses penyimpanan data berlangsung secara otomatis tanpa perlu melakukan konfigurasi yang rumit.

Kita cukup mendaftar untuk mendapatkan account, kemudian melakukan instalasi aplikasi pada Laptop/PC/Tablet/Smartphone dan otomatis kesemua perangkat tersebut saling melakukan sinkronisasi data. Kita juga dapat melakukan sharing file atau folder ke pihak-pihak atau rekan tertentu.

Jika demikian, mengapa ada keperluan membuat sendiri layanan cloud file sharing jika kesemua layanan gratis tersebut sudah lebih dari cukup untuk digunakan secara cuma-cuma. Ada beberapa alasan untuk itu, antara lain :

  1. Kapasitas Data. Dropbox misalnya, saat ini menyediakan kapasitas sebesar 2 GB sebagai kapasitas awal saat melakukan pendaftaran yang kemudian berkembang secara bertahap hingga 50 GB setelah kita melakukan beberapa tahap awal konfigurasi, misalnya melakukan instalasi aplikasi pada device yang berbeda. Jika kita menggunakan layanan cloud file sharing sendiri, kita bisa menggunakan kapasitas harddisk sebesar yang bisa kita sediakan
  2. Kecepatan Upload dan Sinkronisasi. Jika digunakan di lingkungan perusahaan misalnya, proses sinkronisasi antar perangkat akan lebih mudah dan cepat karena berlaku secara lokal meski tentu saja bisa juga diset untuk sinkronisasi non lokal melalui jalur internet
  3. Keamanan dan Privacy. Tidak semua orang merasa nyaman dengan aspek keamanan data dan privacy, misalnya scanning otomatis terhadap data untuk menampilkan iklan yang dianggap relevan.

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan layanan sharing file online seperti Dropbox dan kawan-kawan adalah OwnCloud.

OwnCloud is free and open source software that operates as a very simple way to set up your own syncing, Dropbox-like cloud storage system on your own server or web site. 

ocsplash

OwnCloud bisa diinstall secara manual dengan merujuk pada panduan install : http://owncloud.org/install/ namun akan lebih mudah jika menggunakan OwnCloud Appliance yang sudah membundel dan melakukan konfigurasi sistem secara otomatis.

OwnCloud appliance merupakan hasil cloning dari OwnCloud in a Box, berbasis openSUSE 13.1 dan dibangun menggunakan SUSE Studio. Saya melakukan cloning untuk memudahkan proses download, meningkatkan kapasitas default untuk disk maupun spesifikasi memory dan swap sekaligus memudahkan proses penambahan file tertentu jika diperlukan.

owncloud-logo

OwnCloud appliance bisa didownload pada link berikut ini : http://mirror.linux.or.id/appliance/owncloud/ atau bisa juga pada link ini : https://susestudio.com/a/veav1Y/owncloud-appliance

OwnCloud terdiri dari berbagai macam format yang bisa dipilih untuk deployment, baik instalasi via LiveCD, Preload ISO, USB maupun deployment file virtual seperti OVF, VMware Image, Xen dan lain-lain. Details mengenai perbedaan masing-masing file dan penggunaanya bisa dibaca pada link ini : http://mirror.linux.or.id/appliance/owncloud/appliance-format.html atau https://susestudio.com/help/create/appliance-formats.html.

Setelah sistem dideploy dan dijalankan pertama kali, OwnCloud Appliance akan menggunakan alamat sesuai DHCP. Buka alamat http://[ip-appliance]/owncloud meggunakan browser dan ikuti panduan/wizard yang diberikan.

User name : root

Password : linux

Jangan lupa mengubah password root saat pertama kali login. Jika mengalami kendala saat melakukan deployment, silakan mendiskusikannya melalui fasilitas komentar.

Pin It

2 thoughts on “OwnCloud Appliance : Membangun Sendiri Dropbox/Google Drive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*