Instalasi openSUSE 13.2 64 bit pada Laptop Asus A46C

Beberapa hari yang lalu openSUSE 13.2 dan SUSE Linux Enterprise 12 telah dirilis. Kebetulan saya hendak membersihkan laptop Asus A46C yang selama ini jarang dipakai karena saya banyak menggunakan MacBook Air yang lebih ringan jika dibawa-bawa.

Saya memindahkan data-data penting laptop ke server data milik Excellent yang nantinya diubah menggunakan skema Owncloud (semacam private Dropbox/Drive). Setelah selesai memindahkan data, saya mencopot DVD writer yang selama ini terpasang (dan rentan sekali bermasalah, salah satunya tidak bisa membaca atau melakukan proses write) dan menggantinya dengan harddisk SSD. Jadi saya punya 2 buah harddisk, 1 buah harddisk SSD yang saya pasang sebagai harddisk utama dan harddisk SATA 320 GB.

large

Harddisk SSD yang saya pakai ini awalnya digunakan untuk sistem VMware vSphere. Setelah dilepas dan dipasang di laptop ASUS, awalnya performanya berjalan tidak sebagaimana mestinya. Terlalu lambat dan rasanya kurang stabil. Saya juga mendapat peringatan mengenai format partisi dalam bentuk GPT yang tidak secara sempurna dikelola oleh YAST.

Untuk mengatasinya, saya menggunakan Linux LiveCD PartedMagic untuk melakukan format ulang, masuk ke konsole/terminal dan menjalankan perintah :

parted /dev/sda
mklabel msdos
quit

Perintah diatas akan menghapus secara total data dan partisi yang ada pada hardisk pertama (/dev/sda) dan memformatnya ulang dengan standard partisi MSDOS yang dikenali dengan baik oleh Linux, dalam hal ini oleh tool manajemen disk di SUSE.

Proses instalasi berjalan dengan halus dan lancar. Wifi juga otomatis terdeteksi saat hendak melakukan instalasi, jadi saya bisa menambahkan repositori tertentu secara on the fly.

sysinfo

memory

Setelah proses instalasi selesai, performa sistem berjalan dengan responsif, sesuai dengan pengalaman saya selama ini menggunakan harddisk SSD.

Kembali ke openSUSE ibarat kembali ke kampung halaman, habitat yang menyenangkan dan menenteramkan. Minimal, saya masih hapal perintah-perintah dan workaround jika satu waktu mengalami kendala.

Pin It

One thought on “Instalasi openSUSE 13.2 64 bit pada Laptop Asus A46C

  1. Pingback: openSUSE 13.2 VLC : No suitable decoder module for MP4 | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*