Persiapan Training cPanel/WHM untuk Mengelola Hosting

Hari Rabu dan Kamis, 15-16 Oktober 2014, rencananya Excellent akan mengadakan training untuk cPanel/WHM. cPanel/WHM adalah salah satu aplikasi control panel populer yang banyak digunakan untuk mengelola domain dan hosting. 1 WHM bisa memuat banyak domain dan masing-masing domain memiliki 1 control panel yang memudahkan user untuk melakukan pengelolaan domain dan hosting masing-masing.

Saya pribadi menggunakan cPanel sejak sekitar tahun 2005 dan saat kemudian memiliki beberapa domain dan hosting yang dikelola, saya mengembangkannya dengan mengambil paket reseller di hostgator sejak tahun 2008-2009 hingga akhirnya beberapa tahun terakhir saya mengelola sendiri paket domain dan hosting klien dengan melakukan instalasi cPanel/WHM pada VPS yang saya kelola.

Training cPanel ini sangat bermanfaat bagi rekan-rekan di perusahaan/lembaga yang memiliki banyak domain/sub domain dan berniat menyatukan pengelolaannya dalam 1 infrastruktur server namun disisi lain memberikan keleluasaan bagi para PIC masing-masing domain untuk secara independen mengelolanya. Misalnya ada suatu group perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan. Group perusahaan tersebut bisa melakukan instalasi WHM untuk kemudian memberikan account cPanel untuk masing-masing anak perusahaan. IT pada anak perusahaan bisa leluasa melakukan pengelolaan untuk domainnya dan disisi lain IT group perusahaan bisa mudah melakukan manajemen terpusat.

cpanel-whm-logo (1)

Contoh diatas bisa diadaptasi pada suatu kementerian yang memiliki banyak unit/lembaga/dirjen. Bisa juga diterapkan pada sekolah-sekolah atau pada lembaga yang memiliki unit/cabang independen.

Benefit lain adalah untuk para freelancer/web desainer yang mengelola banyak domain dan hosting milik klien. Daripada menyerahkannya pada pihak ketiga, mengapa tidak sekalian saja mengelolanya sendiri.

Contoh benefit lainnya lagi adalah untuk para staff IT yang tertarik pada dunia web dan ingin menghasilkan tambahan pendapatan. Ia bisa membuat semacam perusahaan hosting kecil-kecilan yang mudah dikelola dan kemudian bisa menghidupi/memenuhi kebutuhannya dalam beronline ria dari penghasilan yang ia dapatkan.

Awalnya training cPanel/WHM ini didesain untuk selesai dalam 1 hari, namun atas pertimbangan perluasan materi dan agar pembahasannya lebih mendalam, training ini diset menjadi 2 hari, dengan materi pertama membahas mengenai konsep DNS, domain dan hosting public yang dilanjutkan dengan instalasi dan setup cPanel, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan mengenai konfigurasi awal dan pengelolaan mendasar. Materi pembahasan pada hari kedua dititik beratkan pada pengelolaan manajemen hosting, termasuk mekanisme packaging, reseller, kuota, bandwidth, instalasi addon dan lain-lain.

Semua materi yang dibahas sebenarnya merupakan pengalaman saya pribadi dalam melakukan pengelolaan domain dan hosting selama kurun waktu 2005-2014. Penjelasan mengenai konsep DNS public, termasuk forward DNS, PTR Records/Reverse DNS, child name server dan lain-lain misalnya, jarang saya temukan di tutorial yang ada di internet dan agak membingungkan saat saya melakukan setup DNS public/domain/hosting sendiri.

Karena terkait dengan pengelolaan domain secara public, training ini nantinya menggunakan infrastruktur VPS/cloud milik Excellent dengan dedicated IP address saat melakukan instalasi cPanel/WHM. Semua proses instalasi dan pengelolaan dilakukan secara online menggunakan jalur internet Excellent yang saat ini menggunakan FO dengan kecepatan 10 Mbps.

Jika berminat mengikutinya, silakan baca informasi detail mengenai training disini : Training Web Hosting (cPanel, WHM & DNS Hosting), 15-16 Oktober 2014

Pin It

4 thoughts on “Persiapan Training cPanel/WHM untuk Mengelola Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*