31 Days to Build a Better Blog : Elevator Pitch

Pada tahun 2011, saya membeli sebuah ebook bagus dari Darren Rowse, yaitu 31 Days to Build a Better Blog (31dbbb). Catatan : Link tersebut mengandung kode afiliasi saya. Saya membelinya menggunakan PayPal untuk mendukung rencana menjadi blogger yang mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog.

3 tahun berlalu, saya lupa kalau saya pernah punya buku bagus itu. 31dbbb merupakan buku bagus karena memuat 31 hal yang bisa dipraktekkan sehari-hari, yang bisa memperbaiki kualitas suatu blog dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah pengunjung. Semua materi yang dibahas diramu dalam bahasa yang mudah dimengerti-dalam bahasa Inggris sih, hehehe-dan merupakan pengejawantahan dari tulisan-tulisan yang ada di blognya Darren Rowse, yaitu http://problogger.net.

vavai-31-days-to-build-a-better-blog

Salah satu materi yang dibahas dan merupakan tugas pertama dari total 31 tugas adalah meramu apa yang dinamakan sebagai “Elevator Pitch”. Apa itu Elevator Pitch? Dari Wikipedia, kira-kira ini yang dimaksud dengan Elevator Pitch :

An elevator pitchelevator speech, or elevator statement is a short summary used to quickly and simply define a person, profession, product, service, organization or event and its value proposition.

The name “elevator pitch” reflects the idea that it should be possible to deliver the summary in the time span of an elevator ride, or approximately thirty seconds to two minutes. The term itself comes from a scenario of an accidental meeting with someone important in the elevator. If the conversation inside the elevator in those few seconds is interesting and value adding, the conversation will continue after the elevator ride or end in exchange of business card or a scheduled meeting.

Dalam bahasa gamblang, kira-kira begini : jika suatu saat kita bertemu seseorang yang kita kenal namun sudah lama tidak bersua-misalnya di lift atau ditangga-dan ia bertanya mengenai perusahaan tempat kita bekerja, bagaimana caranya kita menjelaskan deskripsi perusahaan kita dalam waktu singkat (30 detik sampai dengan 2 menit), ringkas namun juga memancing rasa ingin tahu lebih jauh.

Summary penjelasan bukan hanya terkait perusahaan. Bisa saja dalam bentuk blog atau website. Saya masih suka gelagepan jika ada yang bertanya : “Blog vavai.com dan vavai.net itu isinya tentang apa?”

Mungkin jawaban saya adalah : “Hmmmh, isinya gado-gado. Kebanyakan berupa artikel IT, namun kadang juga memuat tulisan mengenai hobby, share pengalaman dan keseharian saya”.

Jawaban yang tidak terlalu menarik dan jika dibicarakan di lift, kemungkinan besar rekan berbicara akan kabur tanpa ada niatan berkunjung ke blog.

Hal yang sama berlaku saat saya ditanya soal PT. Excellent Infotama Kreasindo. “Mas Vavai, bisa ceritakan sedikit tentang Excellent dan bisnis Excellent?”

Bisa jadi jawaban saya berputar bahwa “Excellent merupakan authorized partner untuk VMware, Zimbra, SUSE Linux, Red Hat, Symantec dan Untangle. Excellent juga menyediakan training mengenai server. Materinya kebanyakan mengenai Linux dan aplikasi open source namun tidak menutup kemungkinan membahas aplikasi propietary. Selain lisensi dan training, Excellent juga menyediakan layanan professional services mengenai implementasi sistem, audit, konsultasi dan managed services. Kami juga menyediakan layanan cloud, domain dan hosting, termasuk layanan anti spam, anti virus, VPS dan hosting”

ilustrasi-elevator-pitch

Catatan : Ilustrasi gambar elevator pitch dari sini : 7 Tips for Creating a Knockout Elevator Pitch

Too much description. Jika dituliskan di kartu nama, mungkin kartu namanya mesti seukuran kartu pos 😛 . Bukannya memperjelas malah bisa jadi membuat bingung lawan bicara atau calon customer. Ini perusahaan fokus tidak? Jangan-jangan terlalu banyak produk namun tidak fokus. Belum lagi jika dikaitkan dengan isi website. Untuk lisensi, apakah ada landing page khusus untuk masing-masing product? Bagaimana caranya jika saya ingin tahu masing-masing layanan secara detail. Bagaimana jika saya tertarik dan ingin tahu lebih jauh. Kemana saya bisa menghubungi team Excellent?

Semakin saya review dan semakin saya belajar mengenai Elevator Pitch, semakin banyak saya menemukan hal-hal yang harus diperbaiki. Baik dari sisi website perusahaan PT. Excellent Infotama Kreasindo, mengenai blog pribadi  yang berbahasa Indonesia maupun blog untuk belajar bahasa Inggris atau hal lain terkait lingkungan professional saya.

Jadi bisa dilihat bagaimana ebook ini bahkan mampu memperbaiki hal-hal lain diluar blog. Jadi tidak ada salahnya jika PR saya untuk hari ini adalah mendefinisikan apa itu Elevator Pitch untuk 3 hal dibawah ini :

  1. Elevator Pitch untuk website perusahaan PT. Excellent Infotama Kreasindo sekaligus membuat list apa saja yang mesti dilakukan agar isi website bisa selaras dengan elevator pitch
  2. Elevator Pitch untuk blog ini. Baik jika dituliskan dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris (meski blognya berbahasa Indonesia, jika ada advertiser yang tertarik, biasanya mereka ingin tahu deskripsi blog dalam bahasa Inggris)
  3. Elevator Pitch untuk blog vavai.net. Isinya bisa diambil dari elevator pitch blog vavai.com karena isinya mirip dan topik pembahasan maupun artikel yang diposting relatif sama

Hasil dari elevator pitch ini bisa saya kembangkan lebih lanjut dengan mencantumkannya pada kartu nama dan pada materi awal presentasi, baik jika saya bersama team Excellent mengadakan meeting dengan calon customer maupun jika saya mengisi seminar. Let’s see seberapa sulit mendefinisikan Elevator Pitch dan bagaimana proses saya mendefinisikannya ?

Jika tertarik pada buku 31 Days to Build a Better Blog (31dbbb), saran saya, upayakan untuk membelinya. Bukan karena saya mencantumkan kode affiliasi saya (karena bisa juga kok mengakses website pembuatnya secara langsung) namun saya pribadi berprinsip, meski belum bisa untuk semua hal, saya berupaya memulai usaha yang baik dengan jalan dan awalan yang baik. Secara sederhana, jangan memulai niat baik memperbaiki kualitas hidup dengan mengurangi hak orang lain dalam bentuk membajak bukunya :-). Biasanya hal-hal  berharga yang membutuhkan perjuangan untuk mendapatkannya akan membuat kita menjaga dan menghargai hal tersebut.

Pin It

One thought on “31 Days to Build a Better Blog : Elevator Pitch

  1. Kirain beli dimana mas tak cari-cari tulisannya beli dmana.. 😀
    Warna link nya diterangin mas vavai biar kelihatan hehe..
    Soalnya td ga nge hover mouse saya ke judul 31 Days to Build a Better Blog (31dbbb) 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*