Tips Memilih Pisang Barangan yang Bagus

pisang-barangan2Saat menyediakan makan siang untuk para peserta training di markas Excellent DJ biasanya team Excellent melakukan kombinasi beberapa hidangan pencuci mulut. Biasanya dalam bentuk buah-buahan, mulai dari Jeruk, Anggur, Salak, Kelengkeng dan lain-lain. Salah satu buah yang hampir tidak pernah ketinggalan adalah pisang, terutama pisang Barangan.

Saat makan siang biasanya saya menjelaskan mengapa pisang selalu disediakan sebagai hidangan pencuci mulut di Excellent. Pertimbangan utama adalah untuk mencegah masuk angin. Biasanya para peserta training tergugah rasa ingin tahunya, memangnya ada zat apa yang terdapat didalam pisang sehingga bisa mencegah masuk angin.

Jawabannya sederhana. Bukan soal zat tertentu yang bisa mencegah masuk angin. Alasannya adalah berdasarkan bukti empiris, kira-kira begini penjelasan saya :

“Apa buktinya pisang dapat mencegah masuk angin? Gampang, sudah ada dan banyak bukti nyata kok. Lihat saja monyet. Monyet banyak makan pisang, nggak pakai baju seharian, kena panas dan hujan, nggak ada satupun yang dikerokin atau minum jamu tolak angin, hehehe…”

nyemot-dan-pisang

Mendengar jawaban saya ini, para peserta training hanya bisa misuh-misuh dan menjadikannya sebagai bahan lelucon tambahan 😀

pisang-baranganDiluar kegunaan pisang sebagai obat masuk angin, saya pribadi memang menyenangi pisang. Baik itu pisang buah maupun pisang goreng atau pisang olahan lainnya seperti kue pisang. Karena suka pisang, saya jadi terbiasa mengenali pisang yang enak dengan pisang yang enak. Sebagai contoh adalah salah satu pisang favorit saya yaitu pisang Barangan.

Jika saya berhalangan membeli langsung, saya biasanya menitipkan pembelian ke salah satu staff Excellent yang sedang keluar kantor atau ke keluarga yang kebetulan  melewati penjual pisang. Sayangnya, mungkin karena tidak terbiasa membeli pisang, pisang yang dibeli rasanya kerapkali kurang enak. Ada yang masih muda namun dipaksa masak sehingga rasanya sepat, ada juga pisang yang kurus-kurus sehingga tidak enak dimakan.

Bagi rekan-rekan yang hendak membeli pisang, terutama pisang Barangan, berikut adalah ciri-ciri pisang yang enak :

  1. Besar. Pisang yang besar biasanya sudah tua dipohon dan sudah masak sempurna
  2. Sekal, gendut dan demplon. Artinya pisang itu bentuknya gendut, tidak kurus dan tidak langsing. Pisang yang kurus dan langsing biasanya pisang muda, meski warnanya kuning, rasanya sepat dan tidak manis
  3. Memiliki bercak. Pisang yang memiliki bercak-bercak hitam biasanya memiliki rasa yang lebih enak daripada yang warnanya kuning polos
  4. Warna daging buah kuning kemerahan. Biasanya pisang yang tua dan masak sempurna, warna daging buahnya kuning kemerahan dan rasanya agak liat (liat dalam arti tidak lunak, namun tetap lembut dimulut. Bingung kan, hehehe…)

Kira-kira demikian ciri-ciri  pisang Barangan yang enak berdasarkan pengalaman pribadi. Ada tambahan ciri lain? Silakan sampaikan di bagian komentar.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*