Seri Artikel : Membangun Anti Spam Appliance Bagian 2

nospamArtikel mengenai anti spam appliance ini  dibuat secara berseri. Isinya merupakan bagian dari materi training mengenai “Security Hardening & Improvement Performance Mail Server” yang diadakan oleh PT. Excellent Infotama Kreasindo. Bagi rekan-rekan yang berminat untuk mengikuti training ini atau training yang lain bisa mengecek agenda training yang diselenggarakan.

Artikel ini juga merupakan bagian keenam dari rangkaian artikel Improvement Mail Server. Artikel sebelumnya bisa dibaca pada link berikut :

  1. Artikel pertama : Tantangan & Masalah dalam Proses Setup Mail Server.
  2. Artikel kedua :  Tips Improvement Mail Server : Skema dan Model Setup Mail Server
  3. Artikel ketiga : Tips Improvement Mail Server : Contoh Kebutuhan Server (Server Sizing)
  4. Artikel keempat : Tips Improvement Mail Server : Meningkatkan Keamanan Mail Server
  5. Artikel kelima : Seri Artikel : Membangun Anti Spam Appliance Bagian 1

*****

Setelah memahami apa itu anti spam appliance dan mengapa memilih Untangle sebagai anti spam appliance pada artikel sebelumnya, kita bisa mulai melakukan proses instalasi Untangle. Tahap awal adalah memastikan spesifikasi server untuk keperluan instalasi, antara lain :

  1. Processor minima Intel Pentium 4 (usahakan jangan menggunakan Celeron)
  2. Minimal 1 GB memory minimal untuk user kurang dari 50
  3. Minimal 80 GB Harddisk
  4. Minimal 2 buah NIC / Network Card (untuk LAN dan WAN)

Untuk keperluan simulasi, saya melakukan instalasi Untangle sebagai virtual machine diatas VMware vSphere dengan spesifikasi VM : Processor Intel i7, Memory 4 GB, harddisk 50 GB dan 2 LAN card gigabit. Untuk spesifikasi server host bisa dilihat pada artikel ini : PC untuk Simulasi dan Hands on Lab VMware vSphere

Untuk mendownload instalasi Untangle silahkan langsung ke halaman resmi Untangle disini : http://untangle.com/download. Ada 2 pilihan download Untangle, yaitu format iso dan format USB. Masing-masing tersedia untuk arsitektur 32 bit dan 64 bit. Untuk keperluan ini saya menggunakan file Untangle versi iso 64 bit.

Pada tahap awal ada tampilan untuk memilih mode instalasi untangle seperti gambar di bawah ini :

vavai-untangle-installer1

Kita pilih saja yang graphical mode karena lebih mudah menggunakan graphical dari pada text, kecuali memang lebih prefer untuk menggunakan modus instalasi berbasis teks. Kemudian tekan Enter pada keyboard anda untuk melanjutkan. Maka kita akan dihadapkan pada pemilihan bahasa yang akan digunakan, kita pilih saja English kemudian Continue.

vavai-untangle-installer2

Setelah pemilihan bahasa, tampilan selanjutnya adalah memilih lokasi geografis, biasanya untuk keperluan timezone. Pilih Other > Asia > Indonesia lalu klik Continue untuk melanjutkan instalasi.

Tampilan berikutnya adalah mode keyboard, untuk keperluan ini pilih American English kemudian klik Continue. Pada proses ini akan butuh waktu beberapa saat karena installer akan memuat aplikasi yang ada di CD untuk proses instalasi. Setelah selesai, dilanjutkan dengan konfigurasi time zone. Saya pilih Jakarta kemudian Continue. Jika berada pada lingkup area lain, silakan sesuaikan time zonenya.

Untangle akan melakukan pengecekan processor dan memory untuk memastikan bahwa requirement yang dibutuhkan sudah sesuai. Setelah pengecekan OK dan tidak ada masalah, tahap berikutnya adalah format harddisk.
vavai-untangle-installer3
Pada tahap ini, Untangle akan menghapus seluruh isi harddisk untuk digunakan sebagai sistem sekaligus data Untangle. Setelah semuanya selesai, Untangle installer akan melanjutkan tahap instalasi dengan melakukan proses instalasi base sistem dan package yang diperlukan. Silakan relax, proses instalasi ini akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit pada sistem dengan 4 GB memory.

vavai-untangle-installer4

Setelah instalasi selesai, Untangle akan mengkonfirmasikan status instalasi dan meminta agar CD installer dikeluarkan. Setelah CD Untangle dikeluarkan, klik tombol Continue untuk menyelesaikan proses instalasi dan melakukan proses restart sistem.

vavai-untangle-installer5
Pada saat restart, Untangle akan secara otomatis memilih opsi kernel standard. Tekan saja tombol ENTER atau biarkan beberapa saat sehingga Untangle otomatis melakukan proses start up. Proses ini akan membutuhkan waktu, jadi tidak usah khawatir jika perlu menunggu beberapa saat. Kecuali jika setelah ditunggu berbulan-bulan tidak mau loading ada kemungkinan instalasinya bermasalah, hehehe…

Untuk artikel selanjutnya, pembahasan akan masuk pada tahap konfigurasi awal sistem sekaligus beberapa konfigurasi standard sebelum nantinya masuk ke materi konfigurasi anti spam appliance. Stay tuned.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*