Aktivasi Ulang Blog Berbahasa Inggris

Selama lebih dari 1 tahun saya ‘menelantarkan’ website saya yang berbahasa Inggris. Selain karena tidak terbiasa menulis dalam bahasa Inggris sehingga jarang diupdate, saya juga kesulitan meluangkan waktu untuk merawatnya. Meski jarang diupdate, pengunjung blog ini cukup banyak meski trendnya semakin menurun. Saat saya masih update isinya, rata-rata sekitar 2000 pengunjung per hari. Lebih banyak dari blog utama saya, http://www.vavai.com yang jumlah pengunjungnya perhari antara 1000-1500.

Sekarang, pengunjung di blog http://www.vavai.net drop menjadi sekitar 500-700. Selain tidak ada update posting baru, blog juga beberapa kali down dan terakhir malah tewas selama beberapa hari akibat kecelakaan dari pihak vendor cloud yang salah format data. Kecelakaan tersebut sekaligus memberikan blessing in disguise, saya jadi sadar potensi blog tersebut, terutama jika merujuk pada pendapatan iklan yang bisa dihasilkan.

Screen Shot 2014-02-06 at 4.58.45 PM

Saat masih aktif, blog berbahasa Inggris ini menghasilkan pendapatan antara 50-80 US$ per bulan, lumayan untuk menopang hobby saya membaca buku 🙂

Atas pertimbangan tersebut, saya mencoba aktivasi ulang blog namun dengan mekanisme update isi sedikit berbeda. Untuk menjaga update isi blog agar selalu terisi paling tidak 2-3 hari sekali, saya menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan artikel dari blog saya yang berbahasa Indonesia. Jika asumsi ada update setiap 2 hari sekali, berarti dalam sebulan ada 15 artikel. Ditambah isi blog yang saya lakukan paling tidak 5-10 artikel, dalam 1 bulan akan ada 20-30 artikel baru.

Mengisi blog dengan cara ini memang akan membuat saya mengeluarkan biaya untuk membayar penerjemah. Hasilnya mungkin belum tentu sebanding, namun sebagai bentuk investasi tidak mengapa. Saya bisa mengalihkan biaya bunga kartu kredit yang sudah berhasil saya lenyapkan menjadi bentuk investasi ini.

Untuk waktu kedepan, ada beberapa rencana pengembangan mekanisme online earning ini, namun saya memerlukan waktu untuk mempelajarinya 🙂 . Saya akan coba mereview apakah update isi blog yang rutin dilakukan akan berkorelasi dengan peningkatan jumlah pengunjung atau tidak. Let’s see… 😉

Pin It

3 thoughts on “Aktivasi Ulang Blog Berbahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*