Instalasi VMware vSphere 5.5 : Masalah “Initializing ACPI…”

Akhir pekan lalu saya berkunjung ke salah satu klien perusahaan media di daerah Jakarta. Agendanya adalah mengajar inhouse training VMware vSphere untuk keperluan migrasi data center perusahaan. Untuk keperluan ini, perusahaan klien sudah menyediakan 1 buah server untuk diinstalasikan.

Saat ujicoba simulasi instalasi, ternyata VMware vSphere 5.5 komplain mengenai status AMD-Virtualization (feature sekelas Intel-VT/Virtualization Technology untuk processor AMD). Saat saya check, server lawas HP-DL 385 G1 ini kemungkinan belum support feature AMD Virtualization meski untuk memory sudah cukup memadai (32 GB). Saya bisa saja melanjutkan proses instalasi namun sayang juga jika feature tersebut tidak ada, saya tidak bisa melakukan instalasi VM berbasis artsitektur processor 64 bit seperti Linux SLES yang biasa saya pergunakan.

Pihak klien kemudian menggantinya dengan 1 buah komputer rakitan dengan motherboard Gigabyte dengan memory 64 GB. Saat instalasi, prosesnya berhenti lama pada pesan “Initializing ACPI…”. Ditunggu hingga lebih dari 10 menit tidak ada perubahan, akhirnya komputer saya matikan dan saya check ulang.

vmware-acpi

Contoh ilustrasi initializing acpi saat instalasi VMware vSphere. Gambar ilustrasi disadur dari http://www.itzgeek.com/how-tos/virtualization/how-to-install-vmware-esxi-5-step-by-step.html

Berdasarkan literatur yang ada dari pencarian di internet, saya coba lakukan disable UEFI Boot di BIOS dan memilih legacy BIOS Boot. Artinya, saya akan booting installer vSphere menggunakan mekanisme boot biasa, tanpa UEFI.

Cara ini ternyata berhasil. Saya bisa masuk tahapan instalasi dan kemudian melakukan instalasi secara normal. Memang ada kendala mengenai network card internal yang tidak dikenali namun hal ini sudah saya antisipasi dengan menyiapkan 2 buah LAN Card berbasis Intel Pro 1000 MT yang bisa dikenali secara default oleh VMware vSphere 5.5.

Setelah proses instalasi selesai, sistem dapat digunakan untuk simulasi training dengan lancar tanpa hambatan apapun.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*