Google Chrome Plugins : Feedbro untuk RSS Feed Aggregator

vavai-rss-feedSalah satu masalah utama saya saat belajar mengenai topik tertentu adalah membaca artikel-artikel dari blog/website yang sering memuat  materi terkait. Memang sih saya bisa menggunakan fasilitas bookmark untuk membaca artikel dari blog tersebut untuk menandainya namun cara bookmark kurang efisien karena saya tidak tahu informasi mengenai update artikel terbaru.

Cara lebih mudah adalah menggunakan aplikasi RSS Feeds independen yang bisa membuat list artikel dari berbagai website/blog yang saya sukai. Saya maksudkan independen dalam arti saya bisa menggunakan aplikasi yang sama diberbagai sistem operasi yang saya gunakan. Pilihan saya jatuh pada aplikasi extensions/plugins untuk browser Chrome.

Ada beberapa extensions yang saya coba namun akhirnya saya memilih extensions Feebro karena beberapa kelebihan berikut :

  1. Tampilan simple namun tetap mudah dibaca
  2. Responsif, cepat dalam mengakses RSS feeds yang saya daftarkan
  3. Bisa export-import feeds
  4. Feeds bisa dikelompokkan kedalam beberapa group folder
  5. Feeds bisa diupdate/refresh secara global maupun per feeds

Berikut adalah contoh tampilan Feedbro saat saya menggunakannya pada Google Chrome.

vavai-chrome-plugins-feedbro

Feebro RSS Feed Plugins for Chrome. Klik untuk tampilan maksimal

Saya sempat bingung mencari cara melakukan export-import feeds karena ditampilan tersebut tidak ada menu untuk export-import. Ternyata menu ini muncul saat kita memilih shortcut Feedbro yang ada di toolbar

vavai-chrome-plugins-feedbro-options

Menu Open Feed Reader berfungsi untuk membuka tab feed reader pada browser, sedangkan menu Export-Import Feeds ada pada menu Options. Setelah memilih menu Options, kita bisa melakukan export atau import feeds untuk digunakan pada browser lain yang kita miliki (sebenarnya akan lebih bagus jika si Feedbro ini auto detect feeds subscription saat extensionnya diinstall pada Chrome browser baru, dengan mengacu pada account untuk Chrome Sync).

vavai-chrome-plugins-feedbro-export-import-feed

Feedbro RSS Plugins Import dan Export Feeds . Klik untuk tampilan gambar maksimal

Bagi rekan-rekan yang ingin tahu website apa saja yang saya baca beberapa minggu ini, bisa download file feed subscriptions ini (klik kanan dan pilih menu Save As) : dan kemudian import file tersebut ke Feedbro plugins yang dimiliki.

Feeds RSS Reader seperti Feedbro ini memudahkan kita untuk membaca artikel-artikel yang kita sukai, persis seperti halnya jika kita menggunakan Google Reader yang sudah almarhum 😀 . Tidak terbatas pada artikel, bisa juga kita tambahkan list untuk update berita terkini dari berbagai sumber berita yang mendukung layanan RSS Feeds.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*