Tips Menjalankan Games Age of Empires pada Windows 7

Saat masih menggunakan Windows 98, Windows 2000 dan Windows XP, salah satu games favorit saya adalah Age of Empires. Mulai dari Age of Empires Expansion Trial yang ada di Windows 98 SE maupun Age of Empires II : The Age of Kings. Meski sempat mencoba Age of Empires III, saya lebih sering menjalankan Ages of Empires II meski menggunakan level Easy 😛

Age_Of_Empires_2_The_Age_Of_Kings

Saat menggunakan laptop yang sudah preload dengan Windows 7, saya iseng menjalankan games Age of Empires II ini namun ternyata tampilan gambarnya jelek sekali. Awalnya saya pikir ada masalah dengan VGA namun ternyata saya coba di komputer lain dengan spesifikasi yang bagus hasilnya tetap sama saja.

age-of-empires2

Setelah browsing ke beberapa website, akhirnya ada solusi mudah untuk mengantisipasi masalah graphics games yang berantakan. Yaitu cukup membuat 1 buah file BAT dengan isi sebagai berikut :

taskkill /F /IM Explorer.exe
empires2.exe
Start explorer.exe

Empires2.exe bisa diganti dengan nama program games AOE yang hendak dijalankan misalnya age2_x1.exe untuk Age of Empires Expansion.

Setelah menggunakan cara diatas, grafik tampilan games kembali bagus sebagaimana mestinya. Lumayan, jadi deja vu ke masa lalu 😀

Pin It

One thought on “Tips Menjalankan Games Age of Empires pada Windows 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*