Tips Memahami Produk VMware : Ambil Training+Exam Gratis VCA-DCV, VCA-Cloud & VCA-WM

Bagi rekan-rekan yang tertarik  dengan teknologi virtualisasi data center, cloud computing  dan VDI (Virtual Desktop Infrastructure/Thin Client), ada cara yang lebih pas untuk memulai proses pembelajarannya : Ambil paket training VMware Certified Associate (VCA) sekaligus ambil paket exam/test-nya.

VCA terdiri dari 3 jenis (nantinya ada 4) yaitu VCA-Data Center Virtualization atau VCA-DCV, VCA-Cloud dan VCA Workforce Mobility atau VCA-WM. Satu yang terakhir yang belum dirilis adalah VCA-Network Virtualization (VCA-NV).

vavai-ilustrasi-vmwareApa yang menarik dari VCA ini? VCA merupakan sertifikasi resmi dari VMware, bisa dibilang sebagai sertifikasi overview bagi pemula dibidang teknologi virtualisasi berbasis VMware. Jika training dan exam VCP maupun sertifikasi lainnya berbiaya cukup mahal, hal berbeda diterapkan pada VCA. Baik training maupun exam VCA bisa didapatkan secara gratis.

Untuk training, VCA menggunakan mekanisme training online, yang bisa diakses melalui website VMware dan memuat penjelasan materi dalam bentuk presentasi. Untuk exam VCA juga dilakukan secara online, melalui website Pearsonvue yang juga menjadi partner bagi VMware untuk sertifikasi dan exam.

Exam VCA sebenarnya tidak gratis, biayanya sekitar 100 US$ namun sampai dengan akhir Desember 2013 ada discount 50% dan dengan tambahan voucher code yang saya share dibagian bawah tulisan ini, nilainya menjadi US$ 0.

Setiap orang bisa mengambil ketiga training dan sertifikasi diatas namun saran saya sebaiknya mengambilnya satu persatu agar bisa mempelajari materinya dengan tenang dan bisa memahami materi yang diberikan dengan baik. Meski exam bersifat online dan secara umum sifatnya open book, saya lebih prefer untuk tetap mengandalkan pengetahuan dan ingatan, karena sertifikasi tanpa kemampuan hanya akan mengurangi integritas pribadi kita saja.
vavai-vca
Banyak orang yang skeptis dengan sertifikasi VCA karena tidak banyak membahas aspek teknis dan lebih cenderung menjelaskan produk VMware beserta masing-masing fungsinya. Sampai-sampai ada yang berkomentar disalah satu website :

Somewhere, in a back room at VMware:
“How can we get a bunch of IT nerds to sit through several three hour sales presentations?”
“Give them an open book test at the end and call it a certification.”

Meski demikian, saya tetap lebih prefer untuk mengambil training dan exam VCA karena materi dan pengetahuan yang didapatkan sebenarnya tetap bermanfaat, baik bagi seseorang yang sudah berkecimpung didunia virtualization berbasis VMware atau bagi para pemula yang belum pernah menggunakan produk VMware. Bagi para pemegang sertifikasi VCP, VCAP atau malah VCDX tentu saja materi VCA ini bisa dianggap terlalu mudah dan tidak terlalu penting namun bagi para pemula, terutama staff IT yang belum memiliki sertifikasi IT, tentu saja lebih baik dapat sertifikat VCA daripada tidak sama sekali.

vavai-vca-info

Meski banyak yang bilang examnya mudah, saran saya, jangan mudah percaya begitu saja. Banyak pertanyaan yang jawabannya mirip dan sedikit banyak memerlukan pemahaman dan pengetahuan kita. Memahami materi training ditambah baca-baca literatur terkait tetap diperlukan agar kita bisa mengikuti exam dengan persiapan yang baik.

Bagi yang tertarik, silakan register kesini :

  1.  VMware Certified Associate – VCAC510 – Cloud (VCA-Cloud), self-paced e-learning bisa diakses disini dan bisa diambil secara gratis, cukup register di VMware MyLearn
  2. VMware Certified Associate – VCAD510 – Data Center Virtualization (VCA-DCV), trainingnya disini
  3. VMware Certified Associate – VCAW510 – Workforce Mobility (VCA-WM), trainingnya  disini

Setelah selesai training dan percaya diri untuk mencoba exam, silakan klik tombol exam. Nantinya kita akan mendapatkan authorization dari VMware untuk mengikuti exam di Pearsonvue.  Di Pearsonvue kita perlu melakukan registrasi sekali lagi setelah itu bisa memilih exam untuk VCA. Saat melakukan registrasi exam VCA di Pearsonvue akan muncul konfirmasi biaya. Check dibagian payment, mestinya ada isian untuk voucher code dan masukkan kode berikut ini :

Voucher: VCA13ICS atau
Voucher/Promotion Code VCA13GKN

Agar lulus, kita harus mampu mendapatkan skor minimal 300 dari total skor 500. Saat mengikuti VCA-DCV, skor saya sekitar 430 namun giliran mengikuti exam VCA-WM, skor saya malah 300. Lulus sih lulus tapi pas-pasan, hehehe…

Bagi yang hendak mencoba, sebaiknya jangan ditunda, siapa tahu ada perubahan kebijakan dari VMware nanti malah gigit jari, hehehe… Terakhir saya menggunakan voucher code diatas tadi pagi jadi semestinya masih voucher discount masih berlaku. Jika sudah expired silakan kabari saya melalui fasilitas komentar posting ini.

Semoga sukses 😉

Pin It

14 thoughts on “Tips Memahami Produk VMware : Ambil Training+Exam Gratis VCA-DCV, VCA-Cloud & VCA-WM

  1. Pingback: Training VMware Certified Associate (VCA) dan Transkrip Sertifikat | Bisnis Having Fun

  2. Pingback: Tips : Tahapan Belajar Virtualization Technology Berbasis VMware vSphere | Bisnis Having Fun

  3. dah ga bisa om

    Error! The data you submitted is invalid.

    Field: Activation ID
    Value: VCA13GKN

    Explanation: Invalid Activation ID. Please note that the Activation ID can be used only once. After the first use the Activation ID is invalid. Please go to Trouble Signing In for further assistance.

  4. om, ada tips2nya ngga sih buat lolos ini training?
    ane udah nyoba 4x yang Cloud ngga nyampe 300 cuma dapet 244.
    Kalau yang VCA-DCV susah engga?
    share jawaban dong om kalo bisa 😀 wkwkkwkw

  5. 100 % Discount Voucher Code for VCA Certifications that is Extended Till 31st January, 2014 is = VMRT7B82033E, VCA13VTN,
    VMRT7B819936, VMRT8B34585F,
    VMRT1B51030D, VMRT6B404C7B,
    VMRT7A0D9F9B, VMRT9A5B275E

  6. kochikohawaii July 26, 2016 at 7:58 pm -

    kepada om vavai,

    untuk ambil sertifikasi vca skrng ini prosedurnya bagaimana yah.

    makasih om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*