Active Directory Samba 4 Error, “The Local Security Authority database contains an internal inconsistency”

Semalam saya melakukan ujicoba akses dan modifikasi DNS management ke Active Directory berbasis Excellent Samba 4 Appliance menggunakan account personal saya. Akses ini menggunakan Remote Server Administration Tools (RSAT) yang disediakan oleh Microsoft dan dapat diinstall pada sistem desktop berbasis Windows XP, Windows 7 atau Windows 8.

Windows desktop yang dilengkapi dengan Remote Administration Tools oleh Active Directory SysAdmin bisa dijadikan alat untuk mengelola manajemen Active Directory. Hal ini bisa didapatkan karena setelah instalasi Remote Administration Tools, otomatis ada penambahan menu-menu kelas server seperti contoh pada gambar berikut ini :

vavai-remote-administration-tools

Bagi SysAdmin Active Directory, menu-menu diatas tentu tidak asing lagi karena menu tersebut merupakan menu yang biasa tampil pada sistem berbasis Windows Server.

Biasanya saya tidak memiliki kendala melakukan update records DNS maupun mengelola Active Directory User & Computers menggunakan account administrative standard (Account Administrator) meski sebenarnya back end Active Directory ini berbasis Linux Server yang dilengkapi dengan Samba 4. Inilah hebatnya Samba 4 karena bisa melakukan enkapsulasi fungsi AD dari Windows pada sistem Linux.

Kendala saya temukan saat mengaksesnya menggunakan account personal non Administrator. Saat melakukan update DNS records menggunakan account personal saya, ada pesan seperti gambar dibawah ini :

vavai-inconsistency-dns-management

Hal ini biasanya terjadi jika account yang saya miliki tidak mendapat delegasi wewenang untuk mengelola DNS atau fungsi administrative AD lainnya. Untuk mengatasinya, masuk sebagai Administrator kemudian  masukkan user yang diinginkan kedalam group domain DNSAdmins.

vavai-active-directory-add-dns-admins-group

Setelah  hal diatas dilakukan, semestinya account yang dimaksud dapat melakukan proses pengubahan DNS records tanpa mengalami kendala. Case yang sama bisa diterapkan jika kita ingin memberikan fungsi administrative tertentu kepada salah satu account.

Catatan : Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk mempelajari tata cara implementasi dan konfigurasi Active Directory berbasis Linux Server Samba 4, Excellent menyediakan layanan training yang membahas hal ini. Untuk jadwal training terdekat saat tulisan ini dibuat bisa diakses pada link berikut : Special Class Training: All About Active Directory, Domain Controller & File Server Samba 4, 17 November 2013 (Paket Express). Untuk jadwal training lainnya bisa merujuk ke tabel schedule training : http://www.excellent.co.id/schedule/jadwal-training/

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*