Meningkatkan Kualitas Layanan Training Excellent : Infrastruktur VMware vSphere

vavai-vmwareSekitar 2 pekan lalu, saya mengikuti kelas training ICM (Install, Configure & Manage) VMware vSphere untuk mendapatkan sertifikasi VCP-DCV (VMware Certified Professional Data Center Virtualization). Selain mendapatkan ilmu dan materi komprehensif mengenai vSphere, saya juga bisa belajar banyak mengenai tata cara dan penyelenggaraan training.

Training VCP menggunakan akses remote ke data center VMware Education. Semuanya relatif normal dan berjalan dengan baik, hanya saja agak lambat karena koneksinya dilakukan menggunakan mekanisme RDP ke data center VMware Edu melalui jalur internet.

Mengacu pada hal tersebut dan membandingkannya dengan model training di Excellent serta mempertimbangkan brainstorming internal Excellent bulan lalu, saya memutuskan untuk melakukan beberapa improvement infrastruktur ruang training di markas Excellent DJ.

Improvement tersebut antara lain dalam bentuk :

  1. Modifikasi materi training dengan mengacu pada materi vSphere ICM, namun dengan gaya dan model penulisan materi khas Excellent. Materi yang diubah juga mencakup simulasi lab yang dilakukan oleh masing-masing peserta
  2. Mengganti switch 100 mbps menjadi switch gigabit agar proses simulasi vMotion, DRS dan HA bisa berjalan dengan lancar
  3. Mengganti semua network card 100 mbps menjadi network card gigabit dual port
  4. Memastikan semua CPU memiliki kemampuan Intel Virtualization Technology (Intel VT) atau AMD Virtualization (AMD-V)
  5. Memastikan semua PC memiliki RAM minimal 4 GB dan rata-rata 8GB
  6. Menyiapkan 3 buah host server dengan memory minimal 32 GB untuk keperluan simulasi vCenter Appliance dan vSphere Data Protection
  7. Menyiapkan shared storage untuk simulasi vMotion (Live Migration), HA & DRS (High Availability dan Distributed Resources Scheduler)
  8. Melakukan setup dan konfigurasi VMware Horizon View untuk keperluan simulasi
  9. Penambahan harddisk sebanyak 15 buah agar masing-masing host memiliki 2 buah harddisk

vavai-trainingJika di VMware Education kelihatannya menggunakan metode vSphere Nested (vSphere diinstall diatas vSphere), Excellent rencananya menggunakan mekanisme instalasi langsung dimesin fisik, masing-masing 1 untuk setiap peserta sehingga peserta bisa melakukan simulasi sendiri secara real.

Saat melakukan brainstorming awal bulan Oktober 2013, saya sempat berpikir seberapa besar biaya investasi untuk semua hal diatas dan baru ancang-ancang melakukan investasi diawal tahun 2014. Ternyata rencana diatas bisa dieksekusi lebih cepat sehingga pada training VMware vSphere tanggal 26-27 Oktober 2013 akhir pekan ini, semua peserta akan menggunakan desain dan mekanisme training yang baru.

Semoga improvement ini memberikan manfaat yang maksimal bagi setiap peserta training dan memudahkan proses pembelajaran di Excellent.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*