Flash Player Offline Installer untuk Internet Explorer, Firefox dan Chrome

Flash merupakan salah satu plugins penting yang diperlukan dalam manajemen VMware Server, terutama jika mengakses vCenter Web Client dan beberapa tools manajemen berbasis web yang dikembangkan oleh VMware. Sejak Versi 5.1, VMware semakin agresif memindahkan fungsi-fungsi manajemen server menjadi berbasis web.

Benar bahwa Flash menuai banyak keluhan terkait performa dan aspek security, namun selagi VMware belum mengubah aksesnya menjadi bentuk lain, Flash tentu masih dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan browser yang digunakan untuk mengakses Web Client.

flash-logoSecara default, Flash plugins diinstall dalam modus instalasi online. Kita cukup melakukan download 1 file kecil berukuran kurang dari 1 MB yang saat dijalankan akan secara otomatis melakukan proses download secara online sekaligus melakukan instalasi Flash. Tujuannya mudah, namun dalam banyak kasus, proses downloadnya berlangsung lambat. Tidak semua klien Excellent memiliki koneksi internet yang bagus, jadi sekedar melakukan download file Flash 17 MB saja akan menjadi rutinitas yang ngeselin 🙂 . Apalagi jika komputer target tidak memiliki koneksi internet, instalasi Flash bisa jadi semakin repot.

Supaya lebih mudah, lebih baik download saja file Flash dalam bentuk offline installer. Ukurannya sekitar 17 MB. Sekali download, bisa langsung diinstall tanpa perlu koneksi online. Untuk akses offline installer, silakan merujuk ke halaman berikut : http://www.adobe.com/products/flashplayer/distribution3.html

Ada beberapa pilihan pada link tersebut, terutama untuk browser-browser yang memang sering digunakan seperti Firefox, Chrome dan Internet Explorer.

Catatan : Flash Player 11.2 adalah versi Flash Player terakhir untuk Linux 🙁 . Semoga VMware cepat-cepat mereplace Flash plugins di akses Web Client dengan HTML5 🙂  atau minimal dengan plugins independent-platform lainnya.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*