Taman Bacaan Excellent, Awal Agustus 2013

Hari Sabtu kemarin-sebelum dan sesudah ziarah-saya berkunjung ke Taman Bacaan Excellent. Kebetulan jambu Cincalo dan Jambu Semarang Darah sedang berbuah lebat, bisa dipetik untuk menemani perjalanan mudik adik ipar saya ke Kebumen.

Karena kecurigaan saya digigit nyamuk demam berdarah sewaktu sakit DBD pekan lalu, saya meminta bantuan adik dan kakak saya untuk sekalian membersihkan Taman Bacaan. Pohon pisang batu yang besar-besar dan daunannya rimbun akhirnya ditebang. Sebagian dahan pohon jambu Semarang Darah juga ditebang, sehingga suasana ditepi kolam yang tadinya agak redup menjadi terang benderang. Semua air yang kemungkinan tergenang juga dikuras, kecuali memang ada ikannya.

taman-bacaan2

taman-bacaan1

taman-bacaan4

Ternyata kedua pohon mangga Manalagi yang sebelumnya pernah berbuah, kali ini kembali mengeluarkan bunga. Yang berbunga sama seperti sebelumnya, pohon mangga yang ada dipintu masuk Taman Bacaan dan juga pohon mangga yang ada di tepi kolam. Keduanya kompak berbunga bersama.

Jika sebelumnya hanya ada  2 dan 3 buah mangga saat pertama kali berbuah, sepertinya kali ini akan lebih banyak buahnya karena memang sudah proses buah kedua. Senang juga melihat bunga pohon mangga yang sudah berbuah meski baru sekitar 1.5 tahun ditanam.

taman-bacaan7

taman-bacaan8

Beberapa kolam terpal yang ada di bagian belakang saung juga dikurangi. Ikan gurame dan ikan patin kecil yang awalnya diadaptasikan di kolam terpal sudah bisa digabungkan dengan ikan yang sudah lebih besar di kolam utama. Terpalnya dirapikan, yang tersisa digunakan untuk pembesaran ikan lele yang baru menetas.

taman-bacaan6

taman-bacaan5

taman-bacaan3

Sampah yang terkumpul kemudian ditaruh ditepi dan dibakar. Selain mengusir nyamuk, asapnya juga bisa digunakan untuk mengusir lalat yang biasanya berkumpul jika ada buah jambu yang membusuk dan jatuh ke tanah.

Kemarin saat datang berkunjung, sempat terbersit dipikiran, kayaknya boleh juga nih satu waktu begadang di Taman Bacaan Excellent. Misalnya untuk agenda ngoprek untuk materi tertentu. Saya lagi mikir, apakah lebih mudah beli kelambu atau baiknya pasang tenda saja jika suatu waktu hendak nge-camp di Taman Bacaan Excellent. Mungkin mesti ada fase trial, ujicoba team Excellent menginap di Taman Bacaan barang 1 malam 😀

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*