Aplikasi DeltaISO untuk Kemudahan Mendapatkan File ISO Terbaru

Beberapa hari yang lalu saya melakukan download file ISO openSUSE 12.3 RC1. Rencananya file ISO ini saya install pada harddisk SSD yang dipasang di motherboard Gigabyte Z77X-D3H. Baru saja diinstall, ternyata sudah rilis openSUSE 12.3 RC2. 11 hari lagi dari sekarang malah akan rilis openSUSE 12.3 versi final.

Saya memang langsung melakukan upgrade ke openSUSE versi 12.3 dengan perintah :

zypper ref && zypper dup

Namun, untuk keperluan instalasi berikutnya, saya juga ingin menggunakan openSUSE 12.3 versi RC2 atau versi final. Daripada melakukan download file ISO secara keseluruhan, saya cukup menggunakan file DeltaISO.

Apa itu delta iso ? Delta iso adalah file iso update terhadap file iso sebelumnya. Delta iso hanya berisi file-file update saja. Misalnya RC 2 memperbaiki 100 bug pada versi RC1 sementara yang lain tidak diupdate, maka Delta iso hanya berisi 100 bug fixes tersebut. Yang menyenangkan, delta iso juga bukan memuat file yang diperbaiki secara mentah-mentah melainkan hanya komponen yang diperbaiki saja. Hal ini berimplikasi positif pada jumlah dan ukuran paket aplikasi yang lebih kecil.

openSUSE 12.3 RC1 untuk DVD misalnya, berkapasitas 4.4 GB sementara untuk RC2 juga berkapasitas 4.4 GB. Untuk mendapatkan openSUSE 12.3 RC2, saya tidak perlu melakukan download ulang sebesar 4.4 GB melainkan hanya paket updatenya saja yang dinamakan delta iso. Delta iso untuk RC1 ke RC2 sebesar 892 MB saja. Dengan demikian, waktu download saya menjadi lebih singkat.

Apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan file openSUSE 12.3 RC2 sementara yang kita miliki adalah iso openSUSE 12.3 RC1? Berikut adalah langkah singkatnya :

  1. Download file delta : http://download.opensuse.org/distribution/12.3-RC2/delta/
  2. Tempatkan file RC1 dan Delta yang baru didownload kedalam 1 folder
  3. Jalankan perintah applydeltaiso (default instalasi openSUSE sudah menyertakannya) dengan format : applydeltaiso <oldiso> <deltaiso> <newiso>, misalnya :
    applydeltaiso openSUSE-12.3-DVD-Build0024-x86_64.iso openSUSE-12.3-DVD-Build0024_Build0094-x86_64.delta.iso openSUSE-12.3-DVD-Build0094-x86_64.iso
  4. Tunggu beberapa saat, aplikasi deltaiso akan melakukan pengecekan file ISO dan akan melakukan update iso Rc1 menjadi RC2

vavai-opensuse-12-3

Selain deltaiso, openSUSE juga memiliki tools deltarpm. Deltarpm ini berperilaku sama seperti deltaiso, hanya mendownload sejumlah perbaikan saja. Contohnya adalah jika kita melakukan upgrade kernel, kita tidak akan mendownload full kernel sebesar lebih kurang 50 MB. Jika update melalui yast atau zypper, kita hanya akan mendownload lk 5 MB saja (tergantung jumlah perbedaan antara kedua versi).

Pin It

2 thoughts on “Aplikasi DeltaISO untuk Kemudahan Mendapatkan File ISO Terbaru

  1. Pak,Saya Melihat tampilan Opensuse 12.3 rasa nya pingin mencicipi nya hehehe emang nya ikan gurame hehehe.Tapi saya lihat iso yang saya harus Download sangat besar sekali mengingat quota modem usb saya tidaklah cukup dan terkadang usb modem saya ini kalau sudah panas bisa leumot sekali.Kira”saya bisa beli di tempat Bapak?dan brapa harga nya?
    Terima kasih

    Firman Ardiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*