Solved : Tidak bisa Copy-Paste Content HTML pada Firefox 18/19

Beberapa hari yang lalu saya melakukan instalasi openSUSE 12.3 RC1 64 bit sekaligus ujicoba harddisk SSD yang sebelumnya sudah saya siapkan. openSUSE 12.3 menggunakan Firefox versi 18 yang kemudian saya update ke Firefox versi 19.

Untuk penggunaan normal tidak ada masalah, namun saya mengalami kendala saat hendak copy-paste artikel/tulisan dari web. Misalnya saya ingin copy-paste tulisan di website Excellent ke HTML Editor (Rich Formatting) yang ada di Gmail/Google Apps. Copy bisa dilakukan namun paste hanya menampilkan baris kosong. Anehnya, jika dilihat dalam format plain-text, isi artikel yang dipaste ada, namun dengan tampilan berantakan.

vavai-ff19

Hal yang sama terjadi jika saya copy artikel kemudian paste ke HTML Editor milik Zimbra Webmail. Hasilnya blank, meski jika dilihat dalam format text, hasilnya ada.

Selidik punya selidik, sepertinya masalah ini ada pada browser Firefox akibat pengetatan aspek keamanan browsing, terutama untuk content HTML. Tips untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu :

  1. Buka firefox
  2. Ketik : about:config pada bagian URL/alamat web
  3. Klik “I’ll be careful. I’m promise!”  jika mendapatkan warning
  4. Pada bagian filter, ketik : clipbd
  5. Double klik pada pilihan dom.event.clipboardevents.enabled agar opsi yang awalnya TRUE menjadi FALSE
  6. Coba copy-paste content HTML, mestinya sudah bisa

enable-paste

Hal sepele tapi bikin bingung 🙂

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*