Membangun Networking Antar Sesama Bisnis Start Up

Salah satu kegiatan yang lebih banyak saya lakukan di tahun 2013 ini adalah membangun dan memperluas network bisnis. Bentuknya adalah mengadakan pertemuan dengan beberapa rekan yang saya lihat berada dalam situasi atau jalur yang sama dengan saya.

Pertimbangannya sederhana. Tahun 2012 Excellent maju cukup pesat meski saya masih kerap maju mundur dalam hal investasi. Masih ada kekhawatiran jika saya terlalu berani investasi, investasi itu tidak balik modal alias merugi 🙂

people-meetingSetelah saya review perkembangan di tahun 2012 dan kalkulasi antara biaya investasi dengan potensi pendapatan, di tahun 2013 ini saya memberanikan diri untuk expand bisnis Excellent dan merambah ke layanan bisnis lainnya, salah satunya adalah penyediaan layanan Zimbra VPS dan Zimbra Cloud.

Hal lain yang saya lakukan adalah membuka diri dan meluangkan waktu untuk berkomunikasi dan belajar dari rekan-rekan lain yang kebetulan sama-sama membangun bisnis. Saya juga mencari beberapa SDM potensial yang bisa saya rekrut untuk nantinya menangani beberapa layanan Excellent.

Saat ini bisnis Excellent memang masih kecil-kecilan, masih cukupan untuk membiayai hidup dan keluarga yang saya sayangi, termasuk membiayai hobby saya. Meski demikian, saya juga ingin mengembangkan potensi bisnis yang ada agar penghasilan Excellent bisa bermanfaat sebagai dasar bagi saya mengembangkan tujuan sosial, salah satunya pengembangan Taman Bacaan Excellent dan rencana pembangunan pusdiklat.

Jika tidak ada halangan, insya Allah Rabu ini saya akan bertemu dengan kang Reza Ervani, salah satu sosok dibalik Rumah Ilmu, salah satu perusahaan start up yang silent namun kiprahnya menjanjikan. Rencananya kami bertemu di markas Excellent Bekasi dan jika waktunya memungkinkan, saya ajak tamu undangan ini ke markas alam Excellent di taman bacaan, Tambun.

Selain kang Reza, saya juga mengundang 2 orang rekan dari Bandung. Salah satu diantaranya adalah kawan saya yang turut menangani layanan Zimbra cloud Excellent, sedangkan yang satunya adalah kang Asep Hidayat Abisena, managing director salah satu perusahaan start up dibidang aplikasi mobile.

Saya bertemu dengan kang Asenk-demikian panggilan akrabnya-di Bandung hari Kamis pekan lalu, saat saya berkunjung ke salah satu klien untuk diskusi dan presentasi mengenai Zimbra large deployment dan improvement mail server.

Hopefully semuanya berjalan dengan lancar dan bisa memberikan manfaat, bukan hanya untuk kami namun juga bagi yang lain karena saya akan share hasil diskusinya di blog ini.

Ditulis diatas KA Commuter Line Manggarai-Bekasi 😉 . Maaf jika ada banyak salah ketik

Pin It

4 thoughts on “Membangun Networking Antar Sesama Bisnis Start Up

  1. Memang dalam membangun bisnis harus menjalin komunikasi dan jaringan yang baik dengan pihak lain. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis termasuk bisnis start-up.
    Semoga di Indonesia start-up makin maju, semoga akan distrik silicon valley di Indonesia

  2. Pingback: Rencana “Ngobrol Santai” Mengenai Start Up Bisnis di Bidang IT | Bisnis Having Fun

  3. keren pak rivai,
    saya dari tahun 2010 sampai sekarang belum juga berani meluncurkan start up bisnis saya
    padahal konsep dan infrastruktur sudah ada
    memang bisnis memerlukan keberanian ekstra
    sukses pak buat bisnisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*