Solved : Menampilkan WordPress Visual Editor pada Posting Aggregator dari Feedwordpress

wordpressSaat ini saya mengelola 2 buah blog/website utama, yaitu blog ini sendiri dan website PT. Excellent Infotama Kreasindo. Saya biasanya mempublikasikan pengumuman training atau layanan Excellent di website tersebut. Selain itu, saya juga mempublikasikan tulisan-tulisan yang bersifat teknis di kategori resource, sedangkan di blog http://www.vavai.com lebih banyak tulisan yang bersifat opini atau keseharian.

Agar artikel yang bersifat teknis juga menjangkau lebih banyak pembaca, saya memasang aggregator plugins dalam bentuk feedwordpress di blog ini.Aggregator ini akan secara otomatis mengecek tulisan terbaru di kategori resources dan mempublikasikannya di bagian tips dan trick.

Yang menjadi masalah, sejak beberapa waktu terakhir ini, semua tulisan-tulisan yang berasal dari aggregator tidak bisa saya modifikasi menggunakan WordPress Visual Editor. Yang tampil hanya bentuk HTML saja, seperti tampilan dibawah ini.

vavai-feedwordpress-visual-editor-disable

Saya perlu melakukan modifikasi agar posting yang diaggregasi hanya menampilkan beberapa alinea tertentu (misalnya hanya di bagian excerpt saja) atau mengganti gambar ilustrasi agar tidak terjadi duplicate content diantara blog saya sendiri.

Awalnya saya pikir hal ini karena bug di WordPress namun ternyata hanya terjadi untuk posting-posting yang diaggregasi. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata hal ini by design memang diset oleh Feedwordpress untuk menghindari adanya perubahan tampilan yang tidak diinginkan.

Secara default, Feedwordpress akan menonaktifkan modus visual editor. Jika kita ingin mengubahnya, silakan buka menu Syndication | Post & Links dan kemudian mengubah opsi dibagian Formatting Filters dari “Protects Syndicated Post to Formatting Filters” menjadi “Expose Syndicated Posts to Formatting Filters”

vavai-feedwordpress1

Setelah pilihan diatas diset dan disimpan, modus visual editor muncul kembali saat melakukan modifikasi artikel hasil dari aggregasi.

vavai-feedwordpress-visual-editor-enable

Pin It

4 thoughts on “Solved : Menampilkan WordPress Visual Editor pada Posting Aggregator dari Feedwordpress

  1. Do you have a spam problem on this site; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation; many of us have created some nice practices and we are looking to exchange solutions with other folks, why not shoot me an e-mail if interested.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*