Dragon Dictation, Aplikasi IOS Voice to Text yang Mendukung Bahasa Indonesia

Salah satu aplikasi yang sejak lama ingin saya gunakan adalah aplikasi Speech to Text atau Voice to Text. Hal ini terkait dengan kemalasan saya dalam mengetik. Tentunya keren dong kalau saya tidak perlu mengetik, cukup berbicara saja sudah langsung jadi bentuk tulisan. Kebetulan isteri saya sering menjadi notulen rapat dinas dikantornya, biasanya ia membawa pulang tape recorder rekaman untuk mengulang hasil rapat dan menuliskannya kedalam risalah hasil rapat. Kalau ada aplikasi untuk ini, tentu akan bisa dipergunakan juga oleh isteri.

Era Informasi yang serba cepat mau tidak mau menuntut kita untuk mengimbangi kecepatan informasi tersebut dengan kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Teknologi semestinya sangat membantu kita karena perkembangan yang maju dan serba canggih tentu menjadikan pekerjaan manusia lebih mudah. Terkait dengan kebutuhan saya, ternyata sudah ada aplikasinya, yaitu Dragon Dictation.

dragonDragon Dictation merupakan sebuah aplikasi yang mengubah perintah suara menjadi text (Voice to Text) . Salah satu yang menyenangkan adalah dukungannya terhadap berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya sangat berguna bagi kita dalam memudahkan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan risalah atau dokumen.

Dragon Dictation dibuat oleh Nuance Communications, Inc.  Aplikasi Dragon Dictation tersebut bisa di install secara gratis di perangkat IOS (Iphone Operating System) baik itu iPad, iPhone maupun iPod touch melalui App Store Indonesia.

Menggunakan Dragon Dictation mempermudah pekerjaan kita, karena Dragon Dictation mampu merekam apa yang kita ucapkan kemudian mengubahnya dalam text.  Hal ini membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat selesai dibandingkan harus mengetik manual dengan jari-jari kita.

Fitur-Fitur Dragon Dictation

  1. Fitur voice-to-text yang dapat dikirim sebagai SMS, Email dll.
  2. Dapat dikirimkan ke aplikasi jaringan sosial Twitter dan Facebook
  3. Dukungan terhadap multi-bahasa termasuk Bahasa Indonesia
  4. Fitur pengganti kata yang mudah digunakan dilengkapi dengan daftar kata yang disarankan

Untuk menggunakan Aplikasi Dragon Dictation tersebut, pastikan bahwa perangkat yang digunakan dalam posisi terhubung dengan koneksi Internet.

Cara menggunakan Dragon Dictation :

Buka aplikasi Dragon Dictation

vavai-dragon-dictation1

Sentuh ikon perekaman berwarna merah di tengah layar.

vavai-dragon-dictation2

Sementara aplikasi mulai merekam, mulailah mengucapkan kalimat pertama pesan yang hendak dituliskan. Ketika mulai berbicara, untuk akurasi terbaik dekatkan mulut kita ke Mikrofon built in. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kalimat yang kurang jelas yang menghasilkan tulisan yang tidak jelas pula.

vavai-dragon-dictation3

Sentuh tombol “Selesai” di bagian bawah layar ketika sudah selesai berbicara.

vavai-dragon-dictation4

 

Jika ingin share hasil dari suara ke text tersebut ke  social media seperti Twitter dan Facebook, hal ini bisa langsung dilakukan dengan menambahkan kedua account tersebut melalui menu yang ada.

vavai-dragon-dictation5

Keunggulan Dragon Dictation yaitu dukungan multi bahasa. Pengalaman pertama menggunakan aplikasi Dragon Dictation cukup memuaskan karena saat saya mencoba merekam kata-kata dengan kata kunci “Testing berbicara menggunakan software Dragon dan diubah menjadi tulisan”, Dragon Dictation mampu mengubah ucapan saya secara tepat.

Untuk Akurasi Terbaik :

  • Gunakan kabel headset dengan mikrofon seperti yang disediakan di Iphone atau Ipod touch
  • Apabila tidak menggunakan headset, kitahanya perlu mendekatkan mulut ke mikrofon built in kemudian mendikte kata-kata yang ingin diucapkan. Pastikan tidak ada penghalang antara suara dengan mikrofon built in tersebut.

Perintah yang dapat diucapkan :

  • Kita dapat mendiktekan setiap kalimat dalam bahasa Indonesia
  • Kita dapat memasukkan tanda baca dan format catatan anda dengan menggunakan perintah seperti  “titik”,”tanda seru”, “baris baru”, “paragraph baru”, dsb.
  • Untuk tips lainnya, silakan browsing ke situs www.dragonmobileapps.com

Untuk mencoba aplikasi Dragon Dictation tersebut aplikasi IOS Dragon Dictation cukup download aplikasinya melalui App Store Indonesia dan Install.

Selain untuk mendiktekan suatu risalah rapat atau dokumen, Dragon Dictation juga dapat digunakan membantu mencatat ide, inspirasi yang tiba-tiba muncul kapan saja dan dimana saja. Misalnya ketika kita di perjalanan dan tidak memungkinkan untuk mengetik, Dragon Dictation mampu memberikan solusi dengan cukup mendekatkan gadget ke mulut kemudian mulai berbicara. Dragon Dictation akan mengubah  perkataan kita menjadi text tanpa perlu menganggu perjalanan. Cukup mudah, bermanfaat dan sederhana bukan?

Menggunakan Dragon Dictation juga memberikan solusi apabila datang ide yang muncul tiba-tiba tanpa perlu susah-susah untuk mengetiknya, kita hanya perlu menuangkan ide yang ada di otak dengan merekamnya menjadi sebuah kata-kata (text). Minimal, ide tersebut tidak cepat menghilang atau menjadi pemikiran kosong semata.

Aplikasi Dragon Dictation merupakan aplikasi Inovatif dan mampu membuat manusia bekerja lebih mudah. Bekerja dalam satu waktu (Multitasking) tanpa perlu menunggu kita bertemu dengan komputer atau laptop terlebih dulu.

Jika berminat, bisa mencobanya dengan dengan iPad™, iPhone™ atau iPod touch™ . Dragon Dictation, sayangnya, belum tersedia untuk Android.

Pin It

8 thoughts on “Dragon Dictation, Aplikasi IOS Voice to Text yang Mendukung Bahasa Indonesia

  1. kemarin coba unduh di ipod kk,, ehh bener.. kereen mas..
    support bahasa indonesia lagi. jadi kita mau sms gak usah repot2 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*