Mengganti Laptop Operasional : HP Probook 4421 dengan ASUS A46CM-WX094D

Akhir Desember 2012 ini tepat 2 tahun saya fokus berwirausaha, membangun PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang konsultasi sistem, maintenance dan training/workshop, khususnya untuk sistem server dan aplikasi open source.

Saat pertama kali berwirausaha, saya membeli laptop HP Probook 4421s sebagai media kerja dan operasional sehari-hari. Saat saya beli harganya sekitar 6.7 juta, untuk laptop dengan spesifikasi processor i5, RAM 2 GB dan harddisk 320 GB.

vavai-hp-probook-4421Saya mengisi 4-5 sistem operasi Linux didalamnya. Laptop tersebut menemani saya sejak saya meluncur ke Pangkal Pinang hingga ke daerah-daerah lain saat saya memenuhi undangan dari klien.

Jika diibaratkan modal usaha, laptop HP Probook ini sudah balik modal sejak bulan pertama ia dipakai. Banyak project yang saya kerjakan menggunakan laptop ini. Banyak invoice dan dokumen sistem yang terkirim melalui laptop ini.

Meski saya juga memiliki netbook HP yang lebih ringan untuk dibawa, saya masih lebih sering menggunakan HP Probook karena kemampuannya yang jauh lebih tinggi, apalagi saya banyak melakukan simulasi virtualization technology. Akhirnya HP Netbook saya hibahkan ke Maryadi “Ackoy” Arismunandar yang kuliah bidang IT di Unikom Bandung.

Akhir bulan lalu, adik bungsu saya, Dewi Lia Tutut minta dibelikan Netbook juga. Saya pikir sayang juga jika saya belikan Netbook karena spesifikasi Netbook yang relatif rendah dan lebih banyak difungsikan untuk mengetik saja.

Daripada beli Netbook lagi, saya tawarkan ke Ackoy untuk menghibahkan Netbook tersebut ke Dewi, sedangkan Ackoy menerima hibah HP Probook dari saya. Saya sendiri? Saya membeli laptop baru dengan RAM yang lebih besar agar lebih leluasa dalam melakukan simulasi sistem 😀

Kemarin siang laptopnya dibelikan oleh Ackoy via BEC. Yang saya pilih adalah laptop ASUS ASUS A46CM-WX094D dengan spesifikasi :

  • Intel Core i5-3317U
  • RAM 8GB DDR3
  • 500GB HDD
  • DVD±RW
  • GbE NIC
  • WiFi, Bluetooth
  • VGA NVIDIA GeForce GT 635M 2GB
  • Camera
  • 14″WXGA
  • OS openSUSE 12.2 64 bit dan LinuxMint 14 (nambah sendiri, hehehe…)

vavai-asus-laptop

Harganya sekitar 6.7 juta (default RAM 4 GB), total jadi sekitar 7 juta-an karena saya tambahkan RAM 4 GB lagi dan beberapa accessories tambahan. Saya sebenarnya berminat dengan ASUS ASUS A46CM-WX095D yang pakai processor Intel Core i7-3517U dan 750GB HDD, sayangnya harganya sekitar 9 juta-an, sayang juga karena buget untuk pembelian laptop operasional Excellent hanya 7 juta-an 🙂

Kecepatannya sih cukup responsif, hanya saja belum saya coba untuk menjalankan VMWare Workstation dan VirtualBox jadi belum bisa ditest kemampuannya, meski di BIOS sendiri saya check feature untuk VT (Virtualization Technology) sudah aktif.

Pin It

16 thoughts on “Mengganti Laptop Operasional : HP Probook 4421 dengan ASUS A46CM-WX094D

  1. @Andriansah,

    So far semua berjalan, kecuali beberapa fungsi yang belum saya test karena jarang saya pergunakan (ex : camera). Saya nggak tahu baterainya tahan seberapa lama karena saya biasanya langsung colok ke listrik 🙂 . Kelihatannya sih normal

  2. @Ulil,

    Tidak dapat Windows (karena saya juga nggak butuh Windows-nya 😀 . Kalaupun ada, diformat untuk dipakai Linux )

    Garansi seingat saya 1 tahun

  3. @Masim Vavai Sugianto gan ane mw tanya yak…
    untuk laptop ASUS A46CM-WX095D itu slot ram nya ada berapa ya..?

    Thx gan.

  4. Pingback: Cara install Wifi di OpenSUSE 12.3 | ackoy.com

  5. Pingback: Meski Hujan, Banjir dan Macet, Bisnis Harus Tetap Berjalan ;-) | Bisnis Having Fun

  6. Pingback: Instalasi openSUSE 13.2 64 bit pada Laptop Asus A46C | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*