Kunjungan ke Semarang : Migrasi Sistem

Pada hari Sabtu pagi, 22 Desember 2012, saya bersama team Excellent : Maryadi “Ackoy” Arismunandar ciao ke Semarang. Tujuannya adalah migrasi sistem disalah satu klien perusahaan PMA Jepang di daerah Banyumanik, Semarang.

Ini merupakan kunjungan ketiga saya ke kantor yang sama. Pertama kali saya setup sistem di tahun 2009 yang lalu, ceritanya saya tuliskan disini dan disini dan disana :-). Senang sekali bisa berkunjung ke Semarang, hitung-hitung sekalian liburan akhir tahun 🙂 . Padahal situasi dan pekerjaan di Excellent untuk Desember 2012 ini sangat full. Sejak November 2012 hampir tidak ada hari libur. Bahkan, Jum’at malam 21 Desember 2012 hingga pkl. 11 malam saya masih di kantor klien di Bintaro untuk eksekusi migrasi sistem dan validasi hasil migrasi.

Alhamdulillah, proses eksekusi dan migrasi sistem berjalan dengan lancar meski sekitar pukul 02 WIB dini hari saya ditelepon untuk mengubah konfigurasi yang awalnya hendak dijalankan pasca migrasi. Berdasarkan hasil pengecekan, konfigurasi yang rencananya dijalankan setelah 2 hari dimajukan agar langsung dieksekusi saat itu juga. Syukurlah semua berjalan lancar meski secara definitif saya hanya tidur 2 jam sebelum kemudian bersiap-siap ciao ke bandara Soekarno Hatta selepas Shubuh.

vavai

Perjalanan ke Bandara berjalan lancar. Saya bersama Ackoy sampai di Bandara sekitar pukul 06.00 WIB. Masih cukup banyak waktu untuk bersantai karena saya sudah check in via web dan waktu keberangkatan pesawat sekitar pukul 08.00 WIB. Kami kelayapan dulu cari makanan karena saya belum makan saat berangkat dari rumah.

vavai-jkt

Tepat pukul 08.00 kami take off dan sampai di bandara Ahmad Yani sekitar pukul 9. Hanya 1 jam perjalanan via udara, dibandingkan perjalanan via bus yang memakan waktu lebih dari 8 jam 🙂 . Dari bandara kami naik taksi sekitar 30 menit ke kantor klien.

Sampai di kantor klien kami disambut mas Wawan dan teamnya, mas Alfin. Kami malah diskusi-diskusi dulu soal rencana improvement sistem IT secara keseluruhan sebelum kemudian melakukan migrasi sistem. Implementasi berjalan dengan cepat karena saya menggunakan Server Appliance yang sudah saya siapkan dari Bekasi, apalagi instalasinya dilakukan menggunakan Virtualization sehingga saya bisa langsung deploy appliance yang sudah lengkap.

Proses sinkronisasi data sistem dilakukan secara online sejak sore hari kemarin dan saat pagi tadi saya check, statusnya sudah selesai. Saat tulisan ini dibuat, saya baru hendak sarapan pagi dan bersiap-siap ke kantor klien untuk check hasil migrasi sistem. Jika kesemua tahapan berjalan lancar sesuai rencana, semestinya siang ini semua pekerjaan selesai dilakukan dan kami bisa bersantai berkunjung ke beberapa lokasi di Semarang.

Pin It

One thought on “Kunjungan ke Semarang : Migrasi Sistem

  1. Pingback: Rencana Kunjungan ke Yogyakarta | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*