Ciri Umum Lowongan Staff IT di Indonesia dan Tips Menyiasatinya

Beberapa hari yang lalu ada salah seorang alumni training Excellent yang mengirimkan email ke milis internal alumni (milis dijadikan sebagai salah satu bagian dari support pasca training di Excellent, sifatnya invite-only untuk alumni dan untuk klien Excellent). Isi emailnya adalah tentang kebutuhan staff IT di perusahaan tempat ia bekerja.

Secara prinsip email ini selalu saya hargai, karena saya memang mendorong teman-teman alumni dan klien Excellent untuk mengirimkan informasi lowongan kerja yang relevan ke milis Excellent. Siapa tahu informasi lowongan kerja yang dikirimkan bermanfaat bagi rekan-rekan yang kebetulan membutuhkannya. Hanya saja, isi email kali ini malah jadi sahut-sahutan dan candaan dari alumni yang lain.

Isinya kira-kira begini :

vavai-lowongan-kerja-it

Jika melihat requirement staff IT yang disampaikan diatas, kebutuhannya memang super sekali 😀 . Daftar kemampuan yang disampaikan komplit sekali sampai-sampai muncul pertanyaan : “Gajinya seberapa besar ya untuk kemampuan super seperti itu?”. Jangan salah lho ya, banyak lowongan kerja sejenis yang muncul di koran-koran, terutama untuk terbitan hari Sabtu dan Minggu 🙂

Respon teman-teman alumni Excellent beragam, namun secara garis besar isinya sama, yaitu bahwa requirement yang dibutuhkan merupakan requirement untuk seorang superman IT. All-in-One. Semua serba bisa. Bisa terbayang pekerjaannya akan cukup banyak.

Menanggapi hal ini, rekan alumni yang mengirimkan informasi lowongan kerja menyampaikan bahwa :

“It’s oke pak….. saya suka becanda. sorry jika persyaratannya agak terlalu “superman” gitu….. saya serius butuh orang yang bisa jaringan, namun tidak menjadi patokan dia juga harus bisa programmer  dan  DBA. Hanya “tahu” saja, namun masih dalam basic….khan saya juga tulis-nya basic program VB, JAVA or PHP dan DB.

Soal SIM A, jika ada tugas keluar kantor, bisa bawa mobil kantor. Karena di sini tidak menggunakan sopir……..

Bagi saya pribadi ya terserah yang mau melamar. Bahwa kebutuhannya memang kelihatan super, bisa dikonfirmasikan pada pengirim informasi lowongan kerja. Mungkin pertimbangannya adalah pada keseharian pekerjaan yang biasa dilakukan. Biasanya requirement seperti ini merupakan hal yang umum untuk perusahaan yang tidak native IT. Misalnya perusahaan manufaktur yang umumnya masih menganggap IT sebagai cost center dan diperlukan jika dibutuhkan.

Shot while walking around in downtown Toronto.Jika mindset managementnya masih  seperti ini (menganggap IT sebagai cost center alias pos pengeluaran), sebagai staff IT kita bisa berusaha pelan-pelan mengarahkan perusahaan untuk memaknai IT sebagai asset. Detailnya saya tuliskan pada tulisan ini : 5 Alasan Mengapa Staff IT Kurang Dihargai Staff Lain/Atasan Sendiri . Jika hal ini dibiarkan, sebagai staff IT cepat atau lambat kita bisa mengalami kesulitan dalam hal pengembangan sistem.

Ternyata diskusi ini berkembang lebih jauh soal spesialisasi dan kemampuan general seorang staff IT. Salah satu alumni Excellent menuliskan point-point yang menurut saya bagus untuk dishare disini, karena isinya lugas dan to the point :

Kalau mau gaji besar diatas 8 juta, ikutin saran saya.
Cari lowongan kerja
Persyaratan CCNP, Minimal kursus 25 juta.
Persyaratan VCP , Minimal Kursus 15 Juta,
Persyaratan RHCE, Minimal Kursus 25 Juta,
Persyaratan MCITP, Minimal kursus 25 juta, ujiannya murah.

Sertifikasi ini juga dipakai untuk para VENDOR IT RESELLER Enterprise untuk menjual produk produk Unggulan yang bermutu tinggi, barang mahal harus dikonfigurasi oleh orang yang capable. Kalau standar standar saja, gajinya juga standard.

Mirror mirror who is the beautiful woman in the world.? Istilahnya mengaca diri sendiri lebih baik untuk kemajuan sendiri juga. Kita ini standard atau Capable ?

How they Know you know, Get Certificate Now.

Dari sisi angka memang tidak secara detail disampaikan (estimasi biaya memang sekitar segitu, khususnya VCP-VMWare Certified Professional memang sekitar 15 jutaan), namun yang menjadi point adalah bahwa jika kita ingin meningkatkan nilai gaji kita, hal utama yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Caranya bisa berbagai macam, mulai dari ikut training, sertifikasi kemampuan hingga banyak membaca, mencoba dan membuka diri.

Jadi staff IT jangan introvert. Punya kemampuan hanya untuk dimiliki dan disimpan sendiri dengan harapan jika hanya kita yang mampu, harga dan tarif kemampuan kita akan selalu tinggi. Jangan salah, kemampuan yang kita miliki mungkin hanya bertahan beberapa saat saja. Lebih baik kita membuka diri, belajar lebih banyak dan terbuka pada berbagai opsi.

Bisa saja kita belajar sekian banyak namun ternyata arah hidup kita terspesialisasi ke satu bidang tertentu. Spesialisasi biasanya terjadi jika kita memiliki beberapa pilihan kemampuan. Jika kita hanya memiliki kemampuan standard, kapan kita bisa meningkatkan kualitas dan penghargaan terhadap kemampuan kita??

Jangan mengalah pada keadaan. Meningkatkan kualitas dan standard kemampuan disaat kita bekerja memang agak susah. Disatu sisi waktu kita bisa habis untuk pekerjaan sehari-hari namun disisi lain kita juga harus pandai-pandai menyiasati waktu dan biaya untuk bisa naik posisi.

Jangan sampai bekerja sekian lama dan sekian tahun untuk nantinya kita sesali dikemudian hari. Ingat, hidup kita milik kita, susah senang kita juga yang menjalaninya…

Pin It

10 thoughts on “Ciri Umum Lowongan Staff IT di Indonesia dan Tips Menyiasatinya

  1. Salam Super

    Saya sangat setuju dengan saran Bung Vavai,Belajar terus.karena Gelar saja tidak cukup kalau tidak banyak belajar.Masa masih ada yang menyandang Gelar SKOM Tidak bisa menganalisa hal yang sipat nya sepele seperti memory error vga card error dll nya.Jadi inti nya belajarlah sebagai IT palugada.dan Bisa.

  2. setuju mas, skill harus ditunjukan dengan sertifikasi, dlm inustri memang sperti itu, dibuktikan dengan selembar kertas….

    Bravo..!!!

  3. Assalamualaikum mas vai…
    Tulisan ini menginspirasi sekali untuk saya, dan saya jadikan rujukan untuk salah satu artikel di personal blog saya.
    Saya izin untuk comot-comot ide nya ya mas,, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*