Limitasi VMWare vSphere/ESXi 5.x Free Edition dan Tips Memilih Versi Lisensi yang Paling Tepat

VMWare vSphere dan ESXi Hypervisor

VMWare vSphere Hypervisor atau ESXi adalah salah satu sistem operasi powerful yang banyak digunakan di data center dan secara de facto merupakan market leader untuk sistem operasi berbasis Virtualization Technology. Meski feature-feature advanced hanya tersedia pada VMWare vSphere dengan lisensi komersil, VMWare juga menyediakan ESXi Hypervisor secara gratis. ESXi Hypervisor merupakan engine bagi virtualization technology server berbasis VMWare vSphere.

ESXi Hypervisor ini free dan gratis dengan beberapa limitasi tertentu. Bagi rekan-rekan yang agak confused dengan istilah yang melekat pada VMWare, berikut adalah beberapa keterangan untuk memperjelasnya :

  1. ESXi Hypervisor merupakan engine bagi suite aplikasi VMWare vSphere. VMWare vSphere semua versi dan edition menggunakan installer dan engine yang sama, yaitu ESXi Hypervisor. Jadi jika kita menggunakan ESXi Hypervisor free atau membeli lisensi VMWare vSphere Enterprise Plus, installernya sama-sama menggunakan installer Hypervisor ESXi yang sama, yaitu VMware-VMvisor-Installer
  2. Perbedaan lisensi akan membuka atau mengaktifkan feature-feature yang secara default didisable pada versi free maupun versi lisensi yang lebih rendah. Sebagai contoh, VMWare vSphere versi Essentials tidak bisa menggunakan feature VMWare vMotion (Live Migration) sedangkan versi Enterprise bisa menggunakannya meski sama-sama menggunakan Hypervisor ESXi installer yang sama. Hal ini karena feature tersebut diaktifkan saat memasukkan kode lisensi untuk versi Enterprise
  3. ESXi Hypervisor atau VMWare vSphere ESXi (keduanya merujuk pada nama dan produk yang sama) bersifat free, berbentuk CLI/konsole. Untuk melakukan management pada ESXi harus menggunakan SSH atau lebih leluasa jika menggunakan VMWare vSphere Client. Jika kita memiliki lisensi VMWare vCenter, kita bisa menggunakan vCenter untuk melakukan management terhadap ESXi. Baca disini : Tips VMWare vSphere Virtualization : Fungsi vCenter Server yang memuat penjelasan mengenai vCenter.

Artikel lengkap : “Limitasi VMWare vSphere/ESXi 5.x Free Edition dan Tips Memilih Versi Lisensi yang Paling Tepat”

Pin It

Comments are closed.