Implementasi Zimbra Multi Server untuk Zimbra Large Deployment-Bagian 1

Pada hari Sabtu tanggal 03 November 2012, PT. Excellent Infotama Kreasindo menyelenggarakan workshop dalam bentuk community gathering : Workshop “Zimbra Mail Server Multi Server & Preview Zimbra 8″, Sabtu, 03 November 2012. Materi ini kami share dalam bentuk seri tulisan Zimbra Mail Server untuk Zimbra Large Deployment.

Semoga bermanfaat.

1.1 Zimbra Single Server & Zimbra Multi Server

Zimbra Collaboration Suite (ZCS) merupakan salah satu aplikasi mail server powerful yang dapat dipergunakan sebagai aplikasi mail server dalam jumlah user puluhan hingga ribuan. Untuk menangani transaksi beberapa ribu hingga belasan ribu email dalam 1 hari, SysAdmin cukup menggunakan 1 buah mail server berbasis Zimbra. Semua service Zimbra dijalankan didalam 1 mesin sehingga hemat biaya investasi dan mudah ditangani.

Jika transaksi pengiriman dan penerimaan email mencapai ratusan ribu email dalam 1 hari, mekanisme Single Server akan terbebani trafik. Akses email akan terasa lambat karena disaat yang bersamaan, resources server harus dipergunakan untuk menangani service ain seperti MTA, anti spam dan anti virus. Untuk mengantisipasinya, kita bisa menggunakan Zimbra mail server dengan skema multi server.

Baca selengkapnya : “Implementasi Zimbra Multi Server untuk Zimbra Large Deployment-Bagian 1”

Pin It

Comments are closed.