Solved : Zimbra Postfix not Running : Stale NFS file handle

Hari Jum’at, 19 Oktober 2012 kemarin, team Excellent dihubungi oleh salah seorang “veteran” alumni Excellent. Ia meminta bantuan karena email server Zimbra-nya bermasalah. Semua service berjalan kecuali satu, yaitu service MTA atau service Postix. Akibatnya, email bisa diakses baik menggunakan POP3 maupun IMAP namun tidak bisa mengirim email karena tukang pos-nya (MTA, Mail Transport Agent) mogok bekerja.

Setelah melakukan berbagai upaya trouble shooting namun tidak berhasil, akhirnya masalah ini bisa diselesaikan. Ternyata ada salah satu file Postfix yang rusak, yaitu file /opt/zimbra/data/postfix/spool/pid/master.pid.

Oct 19 19:49:22 mail postfix/postfix-script[5117]: starting the Postfix mail system
Oct 19 19:49:22 mail postfix/master[5118]: fatal: remove private/smtp: Stale NFS file handle
Oct 19 12:49:30 mail postfix/postqueue[5581]: fatal: Queue report unavailable – mail system is down

Pada gambar diatas terlihat kalau file master.pid mengalami kendala akses (simbol ???). saya coba tampilkan isinya dengan perintah cat maupun dengan mencoba perintah ls hasilnya sama, yaitu Stale NFS File Handle.

Jika dibaca diliteratur, Pesan Stale NFS File Handle terjadi jika ada data sharing via protokol NFS yang bermasalah. Hal ini agak aneh karena file tersebut bukan merupakan file mount NFS melainkan folder biasa. Kemungkinan masalah ini terjadi karena ada bad sector di harddisk.

Akhirnya masalah ini solved setelah saya memindahkan data ke partisi lain dan kemudian menyalin file master.pid dari data backup.

Berikut adalah prosedur lengkapnya :

  1. Mematikan server secara fisik
  2. Menambahkan harddisk baru, fungsinya sebagai penyimpan data folder /opt. Harddisk lama akan berfungsi sebagai sistem dan data backup.
  3. Partisi dan format harddisk baru, mount ke folder temporer : /srv/temp
  4. Salin data menggunakan perintah rsync : rsync -av /opt /srv/temp
  5. Unmount data /opt dan Unmount folder /srv/temp
  6. Mounting ulang data /opt menggunakan harddisk baru
  7. Menyalin file masterpid yang bersih dan menjadikan user dan group postfix sebagai pemiliknya (/zimbra/data/postfix/spool/pid/master.pid (chown -R postfix:postfix /opt/zimbra/data/postfix/spool/pid/master.pid)
  8. Restart service Zimbra

Setelah prosedur diatas dijalankan, sistem Zimbra mail server bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Pin It

Comments are closed.