Solved : LinuxMint 13 Intel HD Graphics Blank Screen (Tanpa GUI Display)

Masih terkait dengan komputer untuk simulasi sistem, selain menggunakan openSUSE 12.2 64 bit, team Excellent juga melakukan instalasi sistem LinuxMint 13 “Maya” 64 bit. Sama seperti yang terjadi pada openSUSE 12.2, tampilan LiveDVD LinuxMint Maya juga pecah-pecah. Proses instalasi jadi tidak keruan karena saya tidak bisa melihat partisi mana yang hendak diformat :-P

Proses instalasi akhirnya dijalankan dengan memilih opsi “Compatbility Mode” saat LiveDVD sedang booting. Instalasi berjalan dengan mulus dan lancar namun saat proses restart, sistem LinuxMint malah masuk kedalam konsole dan memberikan pesan bahwa driver VGA-nya tidak bisa disetting.

Setelah melakukan ujicoba beberapa pilihan recovery, akhirnya masalah ini bisa solved dengan menambahkan opsi : nomodeset pada baris grub. Saya mengetahuinya karena saat memilih menu “Recovery Console” di grub, LinuxMint berjalan normal dan masuk ke tampilan GUI dengan sempurna.

Berikut adalah cara menambahkan opsi nomodeset pada grub :

  1. Edit file /etc/default/grub
    sudo nano /etc/default/grub
    
  2. Cari baris yang bertuliskan :
    GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
    
  3. Edit baris tersebut dan tambahkan parameter nomodet. Contoh :
    GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash nomodeset"
    
  4. Update grub dengan perintah :
    sudo update grub
    
  5. Restart sistem

Saat direstart, sistem secara otomatis masuk ke tampilan GUI. Kemungkinan besar blank screen yang terjadi sebelumnya merupakan akibat dari kesalahan deteksi modeset VGA yang tersedia.

Pin It

Comments are closed.