Solved : Integrasi Menu Nautilus/Caja dengan RabbitVCS Subversion pada LinuxMint 13 “Maya”

Untuk keperluan pekerjaan sehari-hari, salah satu komputer di lab PT. Excellent Infotama Kreasindo diinstall LinuxMint 13 Maya. Karena ada 2 versi, saya memilih instalasi versi MATE daripada versi Cinnamon. Ini juga yang melandasi mengapa saya tidak menggunakan openSUSE yang selama bertahun-tahun menjadi distro favorit. Alasannya sederhana, karena saya tidak suka tampilan Gnome 3.

Selesai instalasi dan konfigurasi aplikasi dasar, ternyata ada satu aplikasi yang tidak secara otomatis terintegrasi pada menu File Manager, yaitu RabbitVCS yang biasa saya pergunakan untuk update data via Subversion. Detail mengenai RabbitVCS bisa dibaca disini : Tips Linux : RabbitVCS, SVN Client di Linux Sejenis TortoiseSVN

Instalasi sih berjalan dengan normal namun pada menu klik kanan  tidak ada menu RabbitVCS maupun opsi untuk commit dan update. Terakhir saya pergunakan di LinuxMint 11 baik-baik saja. Jika syaa baca di beberapa artikel terkait, masalah ini timbul sejak LinuxMint 12 dimana LinuxMint mengganti Gnome 2 dengan MATE dan Cinnamon. Pada MATE, Nautilus digantikan dengan aplikasi Caja sebagai File Manager.

Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya masalah ini terselesaikan juga.  Berikut adalah caranya :

cd /opt
su -
add-apt-repository ppa:rabbitvcs/ppa
apt-get update
apt-get install rabbitvcs-nautilus3 python-caja rabbitvcs-core
wget http://www.excellent.co.id/wp-content/uploads/2012/10/rabbit-caja.tar.gz
tar -zxvf rabbit-caja.tar.gz
cp caja* /usr/lib/pymodules/python2.7/rabbitvcs/util/
mkdir -p /usr/lib/caja/extensions-2.0/python/
cp RabbitVCS.py /usr/lib/caja/extensions-2.0/python/

Setelah selesai, coba logout atau restart LinuxMint dan check pada menu klik kanan baik menggunakan Caja file manager maupun menggunakan Nautilis, semestinya sudah ada menu untuk commit atau update dari RabbitVCS.

Sebagai catatan tambahan, RabbitVCS ini digunakan di lingkungan PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai media sharing data dan update dokumen. Persis sama seperti fungsi RapidSVN atau TortoiseSVN yang menjadi aplikasi front-end bagi data yang disimpan di server Subversion. Dengan aplikasi ini, saya bisa bekerja di data lokal saya kemudian melakukan commit perubahannya ke server, kemudian saya melakukan update data untuk memperbaharui folder/dokumen kerja saya seandainya ada update dari staff Excellent yang lain. 2 fungsi utama Subversion bagi pekerjaan di Excellent adalah sebagai backup data dan agar pekerjaan yang dilakukan di masing-masing staff dapat diketahui perkembangannya, baik oleh saya maupun oleh staff yang lain.

Pin It

Comments are closed.