Kunjungan Anak-Anak & Jadwal Kegiatan di Taman Bacaan Excellent

Hari Selasa, 09 Oktober 2012 yang lalu saya datang ke lokasi Taman Bacaan Excellent. Niat awal adalah mengambil si Jupiter MX yang dititipkan di rumah Tambun karena hari Sabtu saat peresmian Taman Bacaan, saya berangkat naik si Jupie MX namun pulangnya ikut Zeze Vavai dan Vivian naik Kuda :-)

Saat sampai di lokasi taman bacaan, saya langsung bekerja membereskan pekerjaan Excellent. Namanya juga #BisnisHavingFun, bekerja bisa dibawah kerindangan pohon sambil kasih makan ikan di kolam :-) . Tak lama setelah saya datang, ada serombongan anak SD yang berkunjung. Sebagian masih memakai seragam, yang lain sudah berganti pakaian. Mereka langsung berceloteh memilih buku dan majalah yang ingin dibaca.

Namanya anak-anak, tingkah mereka ya khas anak-anak. Mereka memilih buku di ruang perpustakaan yang ada disamping saung. Koleksi buku dan majalah yang ada berasal dari buku saya di markas Excellent Duren Jaya Bekasi, majalah koleksi Zeze Vavai (majalah Bobo, Bobo Junior, Aku Anak Saleh, Donald Bebek dll), buku sumbangan teman-teman Blogger Bekasi, buku dan majalah sumbangan dari teman-teman alumni SMPN 1 Tambun, buku sumbangan dari teman-teman luar daerah (Batam, mas Wanda Tofani alias Cak Topan), buku pelajaran sumbangan dari Pekayon Bekasi dan sumbangan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Pada foto diatas, kelihatannya koleksi bukunya masih sedikit. Memang benar koleksi bukunya masih sedikit dan project utama sekarang adalah menambah koleksi. Posisi foto juga menentukan, karena masih ada 2 rak buku disisi yang berhadapan yang tidak kelihatan pada foto diatas.

Karena tidak ingin bolak-balik, sebagian anak membawa beberapa buku dan majalah sekaligus keatas saung. Saya membiarkan mereka melakukan apa yang mereka senangi, paling hanya mengingatkan agar mereka meletakkan kembali buku atau majalah yang selesai dibaca ketempat semula agar tidak tercampur dengan yang lain.

Saya sempat menanyakan beberapa anak yang datang, rumah mereka dimana, dapat informasi dari mana dan sekolah mereka dimana. Soalnya hanya sebagian kecil anak yang saya kenal, sebagian besar malah tidak saya kenal sama sekali. Ternyata mereka dapat informasi dari mulut ke mulut, dari teman-teman mereka yang sudah lebih dulu datang dan sebagian datang saat peresmian taman bacaan.

Saat mendengar mereka membaca dengan suara yang berdengung disana-sini, awalnya saya diam saja. Namun lama-lama saya heran juga. Sambil tertawa, saya tanya ke mereka, “Eh, kamu senengnya baca sambil bersuara ya?”

Mereka saling pandang satu sama lain dan balik bertanya, “Memangnya nggak boleh ya?”. Saya tambah tertawa. Saya bilang bahwa saya nggak melarang mereka membaca sambil bersuara namun saya sampaikan juga kalau saya baca biasanya suara saya malah sepi. Seingat saya para pembaca buku kelas berat biasanya memang nggak bersuara saat membaca, hehehe…

Hari Minggu besok, 14 Oktober 2012 rencananya Taman Bacaan Excellent akan mengadakan kegiatan menggambar, yang materinya sudah pernah dituliskan oleh Maryadi “Ackoy” Arismunandar. Nantinya kegiatan dihari minggu ini dijadikan kegiatan rutin dengan jenis kegiatan yang berbeda-beda.

Acara berikutnya yang akan dilakukan dalam bulan ini adalah acara memotong hewan kurban. Saat ini memang baru terkumpul 2 ekor kambing kurban, bagi rekan-rekan yang memang ingin berkurban bersama di Taman Bacaan Excellent, silakan kabari saya ya. Insya Allah amanah dan berkah.

Jika jadi dilaksanakan, acara menggambar bersama anak-anak ini akan saya tuliskan reportasenya di blog ini.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>