Peresmian Taman Bacaan Excellent, Sabtu 06 Oktober 2012

Sesuai dengan rencana, hari Sabtu 6 Oktober 2012 pekan kemarin Taman Bacaan Excellent secara resmi dibuka. Acara pembukaan ini didahului dengan acara “Workshop Membangun Active Directory Server dengan Linux Samba 4” yang akan saya tuliskan dalam artikel terpisah.

Jika saya mengingat rencana awal di bulan November 2011 : Taman Bacaan, Tempat Training Bernuansa Alam & Pusdiklat Open Source Indonesia? dan di bulan Desember saat baru mulai pengurukan tanah di lokasi : Perkembangan Rencana Taman Bacaan & Pusdiklat, saya sebenarnya tidak menyangka apa yang dulu dicita-citakan dapat terealisasi dalam waktu kurang dari 1 tahun, meski luasnya baru 400 meter persegi dari target luas 1000 meter persegi.

1 tahun yang lalu saya masih berkhayal. Masih berangan-angan muluk. Masih belum tahu seberapa sulit dan seberapa besar biaya yang harus disiapkan untuk merealisasikannya. Ternyata seiring berjalannya waktu, cita-cita yang baik akan dapat terlaksana dibantu banyaknya dukungan dan support dari rekan-rekan.

Saat hari Sabtu kemarin diresmikan, berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang sudah diselesaikan :

  1. Pembangunan ruang perpustakaan berikut koleksi buku, majalah dan koran
  2. Pembangunan kamar mandi & air (pengeboran+pemasangan pompa air dan kran)
  3. Pemasangan listrik
  4. Pembuatan saung untuk tempat baca dan kopdar
  5. Pembuatan kolam ikan dibawah saung
  6. Pemasangan conblock didepan saung agar tidak becek dan bisa dipergunakan untuk olah raga dan acara yang bersifat lesehan
  7. Pembelian meja pingpong
  8. Penanaman pohon buah, terdiri dari pohon mangga, rambutan, klengkeng, nangka, jambu air dan sawo
  9. Pembelian meja kecil untuk baca diatas saung
  10. Pembelian sarung dan sajadah

Peresmian taman bacaan sendiri dilakukan malam hari, selepas Shalat Maghrib. Berlangsung secara sederhana, para undangan yang terdiri dari warga sekitar duduk lesehan disamping saung. Sengaja dilakukan dibawah karena jumlah yang datang melebihi kapasitas daya tampung saung. Selain warga sekitar yang terdiri dari anak-anak, remaja dan pemuda, hadir juga para orang tua serta aparat kelurahan, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Desa Sumber Jaya dan Kaur Ekbang (Ekonomi dan Pembangunan) Desa Sumber Jaya.

Acara dimulai dengan zikir dan shalawat, disusul dengan sambutan dari kepala desa, kemudian penjelasan mengenai Taman Bacaan diakhiri dengan doa dan makan bersama. Pada sambutannya, kepala desa mengaku senang dan mengapresiasi kehadiran taman bacaan karena selaras dengan program dan kegiatan untuk memajukan desa. Kepala desa berharap agar taman bacaan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar, apalagi karena taman bacaan ini gratis serta saung bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan pertemuan karang taruna.

Selesai kepala desa memberikan sambutan, saya kemudian mengisi acara dengan menjelaskan mengenai niat dan tujuan dibangunnya taman bacaan, kegiatan yang akan diadakan, jenis-jenis buku dan majalah yang disediakan serta niat saya untuk menjadikan taman bacaan sebagai salah satu pusat kegiatan anak-anak, remaja dan pemuda dilingkungan desa Sumber Jaya serta untuk masyarakat umum yang datang berkunjung.

Saya sampaikan bahwa taman bacaan tersebut terbuka untuk umum dan saya berterima kasih untuk para donatur yang turut membantu pembangunan dan penambahan koleksi buku serta majalah, yang bukan hanya datang dari Jabotabek namun juga dari luar kota dan bahkan dari Sumatera.

Selesai penjelasan saya, acara ditutup dengan doa bersama kemudian diakhiri dengan makan malam bersama. Untuk makan malam bersama ini, keluarga saya sudah menyiapkan paket nasi uduk yang terasa sangat nikmat karena dinikmati bersama-sama. Suasana lebih menyenangkan karena meski sempat mendung disore hari, malamnya tidak turun hujan sehingga acara berlangsung lancar.

Yang tak kalah menyenangkan adalah kehadiran Zeze Vavai, Vivian, My Dear Rey dan keluarga dari Duren Jaya yang datang selepas Maghrib untuk bergabung bersama. Keluarga memang baru datang selepas maghrib karena harus menunggu Zeze Vavai yang mengikuti eskul renang disiang hingga sore hari.

Setelah peresmian ini, taman bacaan Excellent akan mulai difungsikan sekaligus akan mulai merancang kegiatan-kegiatan rutin yang akan dilaksanakan. Salah satu yang tedekat adalah rencana pemotongan hewan kurban di lokasi Taman Bacaan.

Pin It

6 thoughts on “Peresmian Taman Bacaan Excellent, Sabtu 06 Oktober 2012

  1. Selamat ya mas atas peresmian taman bacaannya ini. Insya Allah, saya dan keluarga siap mendonasikan buku2 & majalah bekas untuk Taman Bacaan ini. Mudah2-an dalam waktu dekat batch kedua donasi bukunya saya akan kirim kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*