Tips Wirausaha : Bisnis Having Fun

Salah satu hal yang menyenangkan dari pekerjaan sebagai wirausahawan adalah peluang untuk bisa menyesuaikannya dengan hobby. Hobby saya adalah ngoprek komputer, travelling dan memberikan motivasi. Kesemuanya terasa pas dengan pekerjaan saat ini di PT. Excellent Infotama Kreasindo, karena ngoprek menjadi pekerjaan saya sehari-hari, travelling bisa dilakukan saat saya kunjungan ke klien baik di luar kota maupun diluar pulau. Kegiatan motivasi pada teman-teman juga bisa diselaraskan dengan kegiatan saat saya mengajar training.

Apakah kesemuanya bisa langsung saya jalani? Tidak juga. Saya memulai pekerjaan saya selepas lulus SLTA menjadi operator produksi. Kisahnya bisa dibaca pada beberapa tulisan berikut ini :

  1. Berkomitmen pada Kemajuan
  2. Perjalanan Wirausaha : Dari Operator Produksi Hingga Bisnis Implementasi Sistem Server & Training
  3. Tuhan Maha Tahu tapi Ia Menunggu

Pekerjaan sebagai operator produksi, kemudian berlanjut sebagai Assisten Lab Komputer, Staff IT, Supervisor IT memberikan pada saya pengalaman dan bekal untuk menjalani pekerjaan yang saya senangi saat ini. Sebagai gambaran, saat pertama kali menjadi Assisten Lab, gaji saya di tahun 1999 adalah sebesar Rp. 18 ribu rupiah per minggu.

Apakah pekerjaan sebagai wirausahawan IT menyenangkan? Namanya pekerjaan pasti ada situasi enak dan tidak enak, apapun pekerjaan itu. Hanya saja saya rasakan, porsi menyenangkan dari pekerjaan saat ini jauh lebih banyak dibandingkan situasi kurang menyenangkannya. Apa saja yang menyenangkan? Ini saya list beberapa diantaranya :

  1. Di bulan pertama saya melakukan wirausaha, pendapatan saya sekitar 9 bulan gaji saya saat terakhir menjabat sebagai Supervisor IT di kantor terakhir
  2. Dalam 2 bulan pertama saya berwirausaha, pendapatan saya melebihi 1 tahun gaji saya sebagai Supervisor IT
  3. Saya bisa jalan-jalan ke berbagai daerah sebagai bagian dari implementasi sistem. Kegiatan ini saya padukan dengan hobby travelling saya jadi saya bisa jalan-jalan gratis. Biaya transport, akomodasi dan wisata kuliner disediakan oleh pihak klien
  4. Saya bisa tidur siang, sesuatu yang menjadi hal mahal saat saya bekerja di perusahaan
  5. Saya bisa mengenal lebih banyak sahabat, baik sesama team IT maupun level manajemen. Saya mendapat banyak pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hidup
  6. Saya bisa menabung, bahkan bisa membangun taman bacaan diatas lahan seluas 400 M2 (dengan support donasi dari rekan-rekan)
  7. Saya lebih leluasa belajar, karenangoprek, menulis artikel dan belajar merupakan bagian dari pekerjaan saya

Saya masih ingat pengalaman saat bertemu bule Jerman di puncak Gunung Gede-Pangrango. Saat ngobrol dengannya (yang dilakukan secara terbata-bata dan ditambah gaya tarzan gerakan tangan :-P ), ia bercerita bahwa kegiatan travellingnya dibiayai dari pekerjaan tahun lalu. Jadi ia bekerja keras selama 1 tahun, menabung uang gaji kemudian di tahun berikutnya travelling ke kota-kota dan negara yang ingin ia kunjungi. Jika uangnya habis, ia kembali ke Jerman untuk kemudian bekerja lagi dan mengulangi hal yang sama di tahun berikutnya.

Saat itu saya berpikir-pikir, “Iya juga ya, kita bekerja untuk kebahagiaan dan kesenangan. Mengapa saya harus menghabiskan waktu untuk mencari uang, jika setelah uang terkumpul saya tidak memiliki waktu untuk menikmatinya…”

Lantas, jika demikian halnya, lantas bagaimana cara kita bekerja secara having fun. Bekerja secara menyenangkan, sesuai hobby dan keinginan? Bukankah hanya sedikit orang yang bisa menjalaninya, karena berbeda waktu, kesempatan, biaya dan peluang.

Page 1 of 2 | Next page