Reply Milis : Saya Bukan Dukun…

Salah satu hal yang kerap saya temui di milis-milis berbahasa Indonesia, terutama milis tentang hal teknis mengenai komputer adalah seringnya muncul pertanyaan yang tidak lengkap.

Contoh : “Saya install Linux Server, kenapa nggak jalan ya?”

Atau :

“Halo all, selama ini Zimbra Mail Server saya jalan normal, sekarang kok nggak bisa kirim email, kenapa ya?”

Atau :

“Halo rekan-rekan, saya sudah coba jalankan perintah yang disarankan tapi hasilnya sama saja… Apa yang salah ya?”

Kesemua peranyaan diatas memiliki kesamaaan, yaitu tidak dilengkapi keterangan tambahan, log atau gambar yang memperjelas apayang sudah ia lakukan, pesan error yang muncul maupun anomali yang timbul.

Jika menemukan email tersebut, saya suka gatal ingin membalasnya dengan kalimat : “Lha, memangnya saya dukun bisa menebak apa yang muncul di komputer kamu?”

Seringkali, pertanyaan yang dikirimkan di milis tidak mendapat tanggapan karena pertanyaannya tidak jelas. Bagaimana kita bisa membantu kalau kita tidak tahu informasi yang jelas? Bagaimana kita bisa membantu kalau si penanya tidak memberikan informasi soal pesan kesalahan yang muncul, perintah yang ia jalankan, kejadian yang sempat terjadi (misalnya ada mati listrik mendadak sehingga sistem crash) dan lain-lain.

Jangan lupa, kebanyakan penjawab email di milis umum adalah volunteer sehingga tidak ada kewajiban ia untuk menjawab pertanyaan yang muncul. Bisa jadi keengganan para volunteer akan bertambah-tambah jika pertanyaannya nggak jelas dan membingungkan.

Note : Artikel ini saya tulis via HP dijalan hendak menuju kantor klien di HR. Rasuna Said. Maaf kalau ada banyak salah ketik.

Pin It

2 thoughts on “Reply Milis : Saya Bukan Dukun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*