Inhouse Training VMWare vSphere Klien Excellent di Cirebon, Hari Kedua

Setelah melewati hari pertama di Cirebon, hari kedua kami memulai hari dengan langsung meluncur ke kantor klien selepas sarapan pagi di hotel. Hanya butuh waktu waktu sekitar 10-15 menit kami sudah sampai dilokasi. Sempat penasaran juga, kok seperti bau terasi. Apa karena dekat laut atau karena bau limbah industri. Setelah iseng tanya ke resepsionis, ternyata didekat kantor klien ada usaha pabrik terasi 😀

Begitu datang, Hans langsung menyiapkan perangkat untuk training, sementara saya mengecek materi presentasi dan urutan proses training yang akan dilakukan, termasuk beberapa video mengenai Virtualization Technology dan mengenai VMWare vSphere.

Training dibuka tepat pukul 09.00 WIB dan saya membuka training dengan penjelasan mengenai konsep Virtualization, benefit dan tantangan implementasinya, sejarah VMWare dan mengapa memilih VMWare vSphere dari beberapa teknologi Virtualization yang tersedia. Kebetulan klien sendiri sudah menggunakan VMWare vSphere versi 4 jadi kami bisa langsung menggunakan sistem existing sebagai bagian dari penjelasan saya.

Praktek training dimulai dari dasar, yaitu dari instalasi vSphere Hypervisor, vSphere Client, pembuatan VM, import-export, data store management dan instalasi vCenter Server. Kami juga sempat mengecek konfigurasi SAN Storage klien sekaligus memberikan simulasi pembuatan data store untuk kemudian mengkoneksikannya dengan vSphere Host.

Materi yang dibahas kemarin merupakan standar materi training hari pertama yang biasa saya berikan di Excellent, meliputi :

  • Pengenalan VMware Virtualization
  • Keuntungan Penggunaan VMWare vSphere
  • Perbedaan Versi & Model Lisensi
  • Installasi & Konfigurasi vSphere ESXi Hypervisor
  • Penggunaan DCUI (Direct Console User Interface)
  • Aktivasi SSH, CLI & Manajemen Data Stores via DCUI
  • Instalasi VMWare vSphere Client
  • Pembuatan Virtual Machine (Standard & via OVF Template) & Cloning
  • Instalasi & Konfigurasi vCenter Server
  • Penggunaan Snapshot untuk Backup & Restore Sistem

Training berlangsung relatif lancar dan berjalan sesuai rencana. Selesai menjelang pukul 16.00 WIB, kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

Pukul 19.00 WIB, kami berjalan-jalan sebentar keluar hotel. Saat saya browsing, ada beberapa tempat kuliner yang cukup populer di Cirebon, salah satunya adalah nasi Jamblang Mang Dul yang letaknya tidak jauh dari hotel Grand Tryas. Kami hanya berjalan keluar sebentar menyeberangi jalan, tidak sampai 5 menit sudah sampai di warung nasi Jamblang Mang Dul yang terletak di dekat ATM BCA, persis di depan Grage Mall.

Total yang kami makan adalah 4 bungkus nasi+2 semur daging+2 tahu+tempe+cumi+sate telur+es teh manis, harganya Rp. 24 ribu. Lumayan penghematan dibandingkan dengan memesan makanan di hotel, hehehe…

Kami kembali ke hotel menjelang pukul 21.00 WIB dan menutup hari kedua di Cirebon dengan menonton pertandingan Sepak Bola semifinal piala Euro 2012 antara Jerman vs Italia yang dimenangkan oleh Italia 2-1.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*