Tulisan di Koran Sindo : “Virtualization Technology, Feature & Benefit Overview”

Hari Sabtu, 23 Juni 2012 kemarin, tabloid Interview-koran Sindo kembali mempublikasikan tulisan saya, kali ini tentang Virtualization Technology. Tabloid Interview Koran Sindo berisi informasi mengenai dunia kerja, lowongan kerja level supervisor keatas dan artikel menarik seputar dunia kerja. Tulisan saya mengisi bagian “Expert Corner” untuk dunia IT. Sebagai catatan, artikel ini juga menjadi pembuka acara workshop dengan tema yang sama di salah satu instansi pemerintah.

Sebagai catatan, menulis artikel di Koran dengan kolom terbatas memang cukup menantang, karena kita harus bisa membuat prolog, membahas materi utama dan membuat semacam summary dibagian akhir dengan jumlah karakter terbatas. Apapun, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

*****

VIRTUALIZATION TECHNOLOGY : FEATURE & BENEFIT OVERVIEW

Virtualization Technology bukanlah istilah baru. Virtualization technology sudah cukup lama diterapkan dilingkungan IT management dan menjadi landasan dasar bagi cloud computing-salah satu issue hot di dunia IT saat ini. Banyak vendor berlomba-lomba menawarkan layanan mengenai cloud computing padahal dalam prakteknya, banyak perusahaan yang bahkan belum memahami secara jelas soal benefit dari Virtualization Technology.

Cukup banyak manajer IT yang khawatir performance dan kualitas server virtual akan jauh menurun jika dibandingkan dengan penggunaan server fisik. Term “virtual” dianggap memiliki kemampuan yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan sistem berbasis fisik; rentan pada kemungkinan terjadi masalah dan susah melakukan proses recovery sistem jika terjadi kerusakan sistem.

Apakah benar demikian? Mari kita lihat lebih detail beberapa hal berikut :

  1. Performance
    Server virtual pada dasarnya memiliki kemampuan sama dengan server fisik, sepanjang spesifikasi yang didedikasikan untuk server virtual disesuaikan dengan kondisi server fisik. Misalnya server fisik membutuhkan kapasitas memory 8 GB, jika dijadikan server virtual, kapasitas memory tersebut sebaiknya tetap dijaga, jangan dikurangiJika menggunakan spesifikasi yang sesuai, penurunan performa server virtual tidak akan signifikan, hanya berkisar beberapa persen saja, yang dapat dikompensasikan dengan sedikit peningkatan spesifikasi untuk server virtual.
  2. Rentan Masalah
    Asumsi ini merupakan asumsi yang bias. Server virtual sama stabilnya dengan server fisik, sepanjang spesifikasi sistem sesuai dengan kebutuhan semestinya. Server virtual juga dapat menggunakan skema cluster sistem dan high availability server sehingga jika terjadi masalah pada salah satu server dapat secara otomatis digantikan oleh server virtual yang lain.
  3. Proses Recovery Sistem
    Disinilah salah satu letak keunggulan dari sistem server virtual. Pada sistem fisik, jika terjadi masalah hardware-misalnya harddisk rusak-, proses recovery akan membutuhkan waktu. Sistem baru harus dibangun ulang dengan konfigurasi yang sama pada sistem yang rusak. Pada sistem virtual, proses recovery dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya menyalin ulang image sistem. Tidak perlu ada proses re-instalasi maupun proses rekonfigurasi karena semua setting dan konfigurasi sudah ada didalam image sistem.

Salah satu kesalahan utama proses implementasi Virtualization Technology sehingga tidak memberikan benefit maksimal dibandingkan dengan biaya investasi yang dikeluarkan adalah kurangnya perencanaan saat hendak melakukan implementasi sistem.

Sama seperti pada proses implementasi sistem berbasis server fisik, selain mempertimbangkan spesifikasi hardware, perlu juga diperhitungkan kebutuhan storage dan model konsolidasi server yang diinginkan.

Proses implementasi sistem virtual bahkan bisa dilakukan secara paralel karena ada beberapa tools yang bisa melakukan sinkronisasi sistem dari mesin fisik yang sedang running ke sistem virtual tanpa perlu mematikan sistem fisik.

Sebagai sebuah teknologi yang sudah cukup mature, Virtualization Technology bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan IT management agar selalu reliable, stabil dan memberikan performa sesuai keinginan.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*