Taman Bacaan Masyarakat & Rumah Belajar “Excellent” : Open for Donasi

Seperti yang saya tuliskan disini, Taman Bacaan Excellent secara prinsip sudah siap dipergunakan pada awal Juli 2012. Saat terakhir saya ke lokasi pada hari Minggu, 10 Juni 2012 kemarin, pembangunan sudah sampai di pembuatan plester kolam ikan dibawah saung. Jika tidak ada halangan dan cuaca tetap cerah, insya Allah dalam minggu ini kolam ikannya sudah beres dan bisa diisi ikan.

Berikut adalah beberapa detail dari Saung Taman Bacaan :

LOKASI :

RT 02 RW 01 Dusun 1 Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Kabupaten Bekasi. Saat ini saya belum sempat ambil posisi Google Maps jadi belum sempat publish. Bagi yang hendak berkunjung ke lokasi bisa menghubungi form kontak saya. Peresmian Taman Bacaan secara resmi rencananya dilakukan pada awal Juli 2012

AREA :

Luas area saat ini 350 meter persegi, dari target 1000 meter persegi. Area sudah termasuk rumah pengelola, kamar penginapan (in case ada tamu dari luar daerah yang ingin sekalian menginap di lokasi), saung, pohon buah (pohon Jambu air, Mangga, Kelengkeng, Rambutan dan Nangka) dan kolam ikan.

FUNGSI :

Fungsi awal dari saung Taman Bacaan ini :

  1. Sebagai perpustakaan umum (fungsi utama) untuk anak-anak dan remaja di lingkungan Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Kabupaten Bekasi
  2. Sebagai tempat kumpul/rapat Karang Taruna
  3. Tempat pemutaran film pendidikan (Menggunakan Infocus projector yang biasa digunakan untuk training di Excellent, hehehe…)
  4. Tempat pendidikan non formal (belajar bareng mengenai suatu tema tertentu, misalnya tema psikologi-mental untuk anak-anak dan tempat belajar “Bagaimana menyusun lamaran kerja yang baik” untuk para pemudanya)
  5. Tempat Mengaji diwaktu malam
  6. Arena olah raga, untuk saat ini adalah Catur dan Tenis Meja
  7. Tempat Kopdar Komunitas
  8. Tempat nonton final Piala Euro 2012 😛

BIAYA PENGGUNAAN :

Gratis dan Free, kecuali memang disewakan untuk tujuan tertentu yang bersifat komersil. Secara umum, taman bacaan ini dibangun atas landasan keinginan membantu menyediakan sarana pembelajaran yang murah dan gratis. Perjalanan idenya bisa dibaca dari tulisan ini : Risau, Risau Part 2, Pembangunan Taman Bacaan & Pusdiklat.

DONASI

Saat ini pembangunan fisik secara umum sudah 90% selesai. Yang belum selesai adalah :

  1. Penambahan koleksi buku
  2. Pembelian/pembuatan rak buku
  3. Pembelian/Pembuatan meja saung (untuk membaca)
  4. Pembuatan pintu dan kaca jendela untuk perpustakaan
  5. Pembuatan meja dan kursi untuk kongkow dibawah pohon
  6. Pemasangan listrik, telepon (untuk internet) dan air

Untuk biaya sendiri estimasi yang dibutuhkan adalah sekitar 5 juta rupiah (untuk keperluan seperti listrik, air dan telepon akan dicover oleh Excellent)

Jadi bagi rekan-rekan yang hendak donasi, saya membuka donasi baik untuk buku maupun sumbangan peralatan diatas (bisa juga dalam bentuk uang, berapapun jumlahnya).

Sumbangan untuk buku bisa dialamatkan ke alamat berikut :

Masim “Vavai” Sugianto-Warnet “Vavai.com”
Perumahan Duren Jaya
Jl. Candi Mendut Raya Blok C No. 328 Duren Jaya Bekasi 17111
Jawa Barat Indonesia

Mengingat targetnya adalah untuk menumbuhkan minat baca anak-anak dan remaja, kami bersifat terbuka untuk menerima buku dan majalah (misalnya majalah Bobo, Donald Bebek, Gober dll), termasuk buku-buku bacaan seperti Lima Sekawan, Trio Detektif, Pasukan Mau Tahu, Rumah Kecil di Padang Rumput termasuk buku-buku terbitan pengarang Indonesia semacam Bung Smas, Dwianto Setyawan, Lupusnya Hilman dan lain-lain. Saat ini untuk koleksi majalah Angkasa, National Geographic dan Novel-Novel saya ambil dari koleksi saya sendiri.

Oh ya, agar tidak menyulitkan donatur, minta tolong saya dikabari via form kontak saya agar untuk biaya pengiriman paket saya yang tanggung. Jangan sampai sudah donasi buku masih juga keluar biaya untuk pengirimannya 🙂

Jika ingin donasi dalam bentuk barang sambil langsung lihat tempatnya juga bisa menghubungi saya melalui form kontak saya diatas jadi saya bisa arrange waktu untuk kunjungan ke lokasi.

Bagi rekan-rekan yang atas pertimbangan kemudahan hendak donasi dalam bentuk biaya, bisa ditransfer ke salah satu rekening berikut :

  • BCA KCP Jababeka Cikarang – Bekasi Ac No : 876 019 6755 atas nama Masim Sugianto
  • Jika anda Pengguna Group Bank ATM Bersama (Mandiri, BNI, Bukopin, BII dll) Silakan menggunakan Rekening Bank Mandiri Cabang Bekasi Juanda AC : 156-00-0502273-8 atas nama Masim Sugianto
  • Jika anda pengguna Bank Niaga atau Bank Lippo, silakan menggunakan nomor rekening Bank Niaga : 9080103275145 kantor cabang Kelapa Gading atas nama Masim Sugianto
  • PayPal ditujukan ke vavai@vavai.com

Mohon cantumkan keterangan : “Donasi Taman Bacaan” agar donasi bisa saya data dan publikasikan di blog ini secara periodik. Donasi mulai dibuka sejak hari ini (11 Juni 2012 sampai dengan 30 Juni 2012) dengan target sebesar Rp. 5.000.000,-. Berapapun nilai donasi akan saya hargai dan akan saya pertanggung jawabkan. Sebagai catatan, donasi dalam bentuk biaya ini sebagai tambahan opsi selain opsi sumbangan dalam bentuk barang (buku dan peralatan) mengingat donasi dalam bentuk uang rasanya kerap menimbulkan rasa sungkan.

Catatan : Beberapa hari yang lalu saya menerima donasi buku dan majalah dari Cak Topan (Wanda Topani), Riau. Isinya adalah buku bacaan dan majalah (InfoLinux dan AyahBunda). Terima kasih untuk donasi buku dan majalah yang dikirimkan Cak Topan, saya sangat mengapresiasi dan menghargainya, apalagi ini jauh-jauh dari Riau mempaketkannya ke Bekasi. Insya Allah bermanfaat bagi anak-anak di Sumber Jaya.

Oh ya, jika ada usulan atau saran terkait Taman Bacaan maupun terhadap pengumuman ini mohon disampaikan melalui email saya di vavai at vavai.com

Pin It

6 thoughts on “Taman Bacaan Masyarakat & Rumah Belajar “Excellent” : Open for Donasi

  1. Pingback: Update Donasi & Perkembangan Taman Bacaan & Rumah Belajar “Excellent”, 15 Juni 2012 | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: KUMPUL BERSAMA DI SAUNG BELAJAR & TAMAN BACAAN EXCELLENT / Catatan Dari Hati

  3. Pingback: Kumpul Bersama di Saung Belajar & Taman Bacaan Excellent | Komunitas Blogger Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*