Akses Subversion via CLI & RabbitVCS Menggunakan Proxy

Kemarin, ketika mengalami masalah Subversion (lihat tulisan Subversion, Data Pekerjaan & Proxy Server), saya akhirnya mengatasinya dengan cara membuat sebuah proxy server di server co-location dan menggunakannya untuk membypass akses Telkom Speedy. Bagaimana cara memerintahkan Subversion, baik akses melalui Command-Line Interface maupun menggunakan aplikasi GUI agar menggunakan Proxy Server?

Jawabannya sederhana, cukup melakukan edit file /etc/subversion/servers. Edit di bagian global untuk parameter dibawah ini :

[global]
# http-proxy-exceptions = *.exception.com, www.internal-site.org
# http-proxy-host = proxy.whatever.com
# http-proxy-port = 8080
# http-proxy-username = defaultusername
# http-proxy-password = defaultpassword
# http-compression = no
# http-auth-types = basic;digest;negotiate
# No http-timeout, so just use the builtin default.
# No neon-debug-mask, so neon debugging is disabled.
# ssl-authority-files = /path/to/CAcert.pem;/path/to/CAcert2.pem

Karena saya menggunakan proxy tanpa authentication, saya cukup mengubah 2 baris berikut ini :

# http-proxy-host = proxy.whatever.com
# http-proxy-port = 8080

Setelah diedit dan disimpan, saya coba lagi pakai RabbitVCS, lho kok masih gagal? Sambil iseng saya coba check via CLI dengan menjalankan perintah svn commit ternyata ada pesan sebagai berikut :

svn co http://svn.excellent.co.id/data/excellent
svn: /etc/subversion/servers:144: Option expected

Pesan error yang muncul seolah-olah ada kesalahan pada saat melakukan modifikasi file /etc/subversion/servers, padahal modifikasi yang saya lakukan sudah benar. Setelah Googling, baru deh ketahuan masalahnya karena hal sepele, yaitu ada spasi kosong didepan http-proxy-host dan http-proxy-port. Jadi jika hendak mengubah isi parameter, jangan sekedar menghapus tanda komentar (#), tapi juga hapus baris kosong antara tanda # dengan tulisan. Soal sepele namun bikin bete, hehehe…

Setelah dibereskan, saya bisa commit dan update secara leluasa.

Note : Bagi yang akses Subversion via Telkom Speedy tidak bermasalah, sepertinya masalah ini tergantung area juga. Saya sudah coba akses Subversion di Rumah Makan Sunda Cibiuk yang sama-sama menggunakan Telkom Speedy, ternyata bermasalah juga. Jika asumsinya masalah ada pada server Subversion, jika saya akses menggunakan koneksi lain atau menggunakan Proxy via koneksi lain, akses Subversionnya berjalan lancar. Saya bahkan membuat Subversion ujicoba di server co-lo di Gedung Cyber dan diakses via Telkom Speedy, hasilnya tetap tidak bisa diakses meski menggunakan akses koneksi lain aman-aman saja. Jadi kesimpulan saya saat ini masih tetap, kelihatannya Telkom Speedy regional Bekasi memblock akses koneksi ke Subversion.

Anyway, karena saya bisa membypass via Proxy, saya anggap solusi ini sudah cukup memadai untuk keperluan saya dan team.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*