Subversion, Data Pekerjaan & Proxy Server

Sudah sekitar 3 hari terakhir ini saya mengalami kendala dengan akses ke server Subversion (SVN) yang digunakan oleh team Excellent untuk berbagi data dan dokumen kerja. Penggunaan software Subversion ini memudahkan saya dan team Excellent untuk berbagi file terkini, baik dengan cara melakukan commit data (upload data) maupun maupun dengan cara melakukan update data dengan membandingkannya terhadap data server.

Awalnya saya pikir masalah ada pada server Subversion Excellent yang saya tempatkan di DreamHost. Namun ternyata masalah bukan disana. Buktinya, saat saya sedang berada di salah satu kantor klien di Kebayoran Baru yang menggunakan akses i4te (Iforte), koneksi Subversion bisa saya jalankan dengan baik tanpa masalah. Commit dan update data bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Setelah beberapa kali ujicoba termasuk menggunakan akses co-location server Excellent yang saya tempatkan di Gedung Cyber, terbit kesimpulan bahwa koneksi Telkom Speedy yang saya gunakan yang kemungkinan besar melakukan block port tertentu untuk Subversion. Untuk memastikannya saya mencoba melakukan setting Proxy Server di server colo kemudian mengakses Subversion via Proxy. Ternyata akses baik menggunakan CLI maupun menggunakan RabbitVCS berjalan dengan baik.

Jadi kalau kebetulan pakai Telkom Speedy dan tidak bisa update/commit ke SVN, bisa coba gunakan Proxy di salah satu tempat. Kelihatannya sih tidak semua mengalami kendala, karena Willy (Sudiarto Rahardjo), rekan di Yogya bilang ia tidak mengalami kendala menggunakan Subversion meski sama-sama menggunakan Telkom Speedy.

Pin It

One thought on “Subversion, Data Pekerjaan & Proxy Server

  1. Pingback: Akses Subversion via CLI & RabbitVCS Menggunakan Proxy | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*